Sukses

Tips Menjawab Pertanyaan Basa-basi Saat Lebaran

Momen bertemu dan berkumpul saat Lebaran biasanya menjadi momen datangnya pertanyaan-pertanyaan basa-basi yang terkadang bikin galau atau bahkan emosi.

Jakarta Momen bertemu dan berkumpul saat Lebaran biasanya menjadi momen yang pas terkait datangnya pertanyaan-pertanyaan basa-basi yang terkadang bikin galau, bahkan emosi. Daripada bingung, simak tips dari berikut. Agar silaturahmi Anda berjalan lancar dan tidak emosi saat disodori pertanyaan basa-basi, berikut tipsnya.

 Tetap Tenang

Sudah duduk manis di acara keluarga, eh tiba-tiba salah satu saudara mendekati Anda dan menanyakan soal pasangan. Hmm, tidak perlu emosi meskipun Anda barus saja putus atau bahkan sudah lama jomblo. Tetap tenang, berikan senyum terbaik Anda. Jika perlu bilang saja Anda masih sendiri. Siapa tahu, saudara Anda ada calon yang direkomendasikan padamu. 

Senyum Saja

Memang menyebalkan dan mengundang emosi saat ditanya kapan menikah, sementara Anda belum ada calon. Tidak perlu marah atau menjawab asal demi membalas sakit hati. Anda cukup senyum saja. Setidaknya dengan tersenyum Anda dapat mengurangi emosi dan amarah. 

Minta Doa

Mungkin ini jawaban yang klise. Tapi jawaban ini cukup singkat dan efektif untuk membuat si penanya berhenti mengorek masalah jodoh Anda. Saat tante, om, atau sepupu bertanya kapan mau menikah, jawab saja 'doain ya.' 

Menghindar

Tidak semua saudara memiliki hobi kepo, jadi daripada sakit hati dan malas menjawab pertanyaan basa-basi, lebih baik Anda menghindar. Hindari saudara Anda tersebut, saat bertemu cukup bersalaman dan berlalu. Jangan memancing obrolan terlalu lama. Daripada menambah dosa dengan membenci, lebih baik menghindarinya bukan.  

Jadikan momen Lebaran sebagai waktu yang tepat untuk bersilaturahmi. Tidak perlu terpancing emosi saat menghadapi pertanyaan yang basa-basi dan seringkali membuat sakit hati. Keep smile, bukankah Lebaran adalah momen untuk menyucikan diri? Selamat mencoba.

Sumber: Vemale

Reporter: Ayu Puji Lestari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.