Sukses

Tips Memilih, Menyimpan, dan Memasak Kurma yang Benar

Di bulan Ramadan, kurma adalah salah satu buah yang seolah menjadi menu wajib untuk berbuka.

Jakarta - Di bulan Ramadan, kurma adalah salah satu buah yang seolah menjadi menu wajib untuk berbuka dan banyak dicari untuk disajikan sebagai hidangan berbuka serta sahur bagi umat muslim.

Kurma sendiri pun kaya akan gizi dan nutrisi. Buah ini mengandung vitamin C, serat, kalium, dan anti-oksidan. Kandungan mineralnya pun luar biasa, seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan selenium. Buah kurma memang kaya manfaat, ya.

Tapi apakah selama ini kita sudah memilih dan mengolah kurma dengan benar? Jangan-jangan selama ini masih salah. Yuk, ikuti tips yang benar soal memilih, menyimpan, dan memasak kurma berikut ini.

 

1. Memilih Kurma

Perhatikan warna dan permukaan kurma. Pilihlah yang mengkilat, memiliki warna yang merata, dan tidak pecah-pecah. Aromanya juga perlu diperhatikan. Umumnya kurma yang baik memiliki aroma yang khas. Kalau membeli kurma dalam kemasan,dan jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya.

2. Menyimpan Kurma

Kurma yang dijual di pasaran sangat beragam. Ada yang dijual dalam keadaan kering.Namun ada pula yang dalam keadaan semi kering dan basah. Cara penyimpanannya sebenarnya tidak begitu sulit. Untuk kurma semi kering dan kering, kita bisa menyimpannya di suhu ruang, lemari es, maupun freezer. Sementara kurma kering dan semi kering umumnya bisa bertahan hingga setahun di lemari pendingin. Hanya saja untuk kurma basah sebaiknya simpan dalam wadah tertutup di freezer. 

3. Memasak Kurma

Jika anda ingin mengolah kurma untuk dimasak, belah dahulu lalu keluarkan bijinya. Setelah itu, rendam dengan air panas sejenak sebelum mengirisnya agar lebih mudah saat diolah atau dicampurkan ke bahan makanan lain. 

Itulah tips seputar kurma yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini