Sukses

Kemenag Mulai Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Ramadan

Sidang isbat dihadiri oleh ormas Silam, ulama, serta duta-duta besar.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadan, atau hari pertama puasa bagi umat muslim.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (5/5/2016) petang, tim badan Hisab Rukyat Kementerian Agama tengah menjelaskan makna dan penentuan hilal.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, kemudian ormas-ormas Islam seperti Nadlatul Ulama, Muhammadiyah, dan lainnya. Para ulama, akademisi serta duta-duta besar, dan anggota Komisi VIII DPR RI, juga turut hadir.

Nantinya sidang isbat akan dimulai secara tertutup usai salat maghrib. Di mana dalam sidang itu, peserta akan mendengarkan laporan dari petugas pemantau Hilal yang berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Menteri Lukman sebelumnya berharap hari pertama puasa dapat dilakukan bersama-sama oleh umat muslim di Indonesia.

"Saya rasa tahun ini, awal puasa, kita akan sama-sama dengan yang lain," ucap Menteri Lukman di Jakarta, 27 April 2016.

Diketahui, Muhammadiyah yang berpedoman pada metode hisab, sudah menentukan bahwa 1 Ramadhan 1437 H akan jatuh pada Senin, 6 Juni 2016. Hal ini didasarkan pada perhitungan Majelis Tarjiih dan Tajdid PP Muhammadiyah, ijtimak jelang Ramadhan 1437 H terjadi pada hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini