Sukses

Rekayasa Lalu Lintas, Solusi Kemacetan Mudik di Banten

Khususnya pada jalan utama dari gerbang Tol Merak hingga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Agar tidak terjadi kemacetan di jalan utama Provinsi Banten, polisi akan merekayasa lalu lintas selama arus mudik Lebaran. Maklum saja, jalur ini merupakan salah satu jalan yang dilalui para pemudik.

"Kalau padat itu sudah pasti. Tapi jangan sampai crowded. Meski padat, yang penting tidak menimbulkan konflik arus (lalu lintas), seperti di titik-titik tempat putar balik arah, dan itu harus diatur sedemikian rupa, agar tidak menimbulkan kemacetan," kata Kapolda Banten, Brigjen Polisi Boy Rafli Amar, saat meninjau jalur mudik dari Kabupaten Serang hingga Pelabuhan Merak.

Ruas jalan yang biasa dilewati para pemudik adalah jalur dari wilayah Cikande, Kabupaten Serang, hingga Kota Cilegon. Khususnya jalan utama dari gerbang Tol Merak hingga Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Jalur utama menuju Pelabuhan Merak dari pintu Tol Merak merupakan jalur pertemuan kendaraan yang keluar dari tol dan kendaraan dari jalan nasional. Pertemuan 2 arus tersebut dapat menimbulkan kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan, di antaranya dengan menutup dua U-turn atau lintasan balik arah setelah fly over Merak arah Pelabuhan Merak, tepatnya di depan Terminal Terpadu Merak.

"Hal tersebut guna memberikan kelonggaran bagi kendaraan dari Gerbang Tol Merak," tegas Boy. (Bob/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini