Sukses

Mengenal Moderator Debat Keempat Pilpres, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi

Liputan6.com, Jakarta - Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi akhirnya dipilih menjadi moderator debat keempat Pilpres 2019.

Nama Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi sebagai moderator ditentukan berdasarkan kesepakatan antara KPU, Tim Kampanye Nasional 01 dan Badan Pemenangan Nasional 02, pada Senin, 25 Maret 2019.

Retno dan Zulfikar akan memandu jalannya debat antarcapres Jokowi dan Prabowo dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Debat keempat Pilpres 2019 akan diselenggarakan di Hotel Shangrila, Jakarta dengan televisi penyelenggara, yakni Indosiar dan SCTV serta Metro TV.

Berikut fakta-fakta moderator debat keempat capres Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

1. Presenter Berita SCTV dan Indosiar

Retno Pinasti adalah pembawa berita SCTV. Ia pun saat ini menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6 SCTV.

Sedangkan Zulfikar Naghi merupakan presenter berita Indosiar. Dia biasa memandu acara berita Fokus Indosiar.

 

3 dari 5 halaman

2. Awal Karir

Retno Pinasti lahir di Yogyakarta dan pernah mengenyam pendidikan SMA di Wonosobo, Jawa Tengah. Retno kemudian melanjutkan pendidikannya untuk berkuliah di UGM, Yogyakarta.

Pada tahun 2014, wanita dengan potongan rambut sebahu ini pernah memperoleh penghargaan Best Talkshow Presenter Nominee dalam KPI Awards.

Sementara itu, Zulfikar Naghi mengawali kariernya sebagai model, bintang iklan hingga pemain sinetron sebelum akhirnya terjun ke dunia berita.

Pengalamannya menjadi pemain sinetron hanya dijadikannya sebagai batu lompatan untuk menuju karier di dunia pertelivisian.

Sebelum bergabung dengan Indosiar, Trans TV menjadi stasiun TV pertama yang ia pilih untuk terjun ke dunia jurnalistik.

Pria lulusan Universitas Prof Dr Moestopo ini sebelumnya pernah memenangkan kontes Abang Jakarta 2006 dan Cosmoman 2010.

Sempat beralih profesi, ternyata dirinya kembali berkecimpung di dunia broadcasting. Tahun 2013 ia bergabung dengan Indosiar dan membuat program Jeng Patrol yang kini hadir sebagai salah satu program unggulan di News Indosiar.

 

4 dari 5 halaman

3. Alasan Keduanya Dipilih

Nama Retno dan Zulfikar sebagai moderator ditentukan berdasarkan kesepakatan antara KPU, Tim Kampanye Nasional 01 dan Badan Pemenangan Nasional 02, pada Senin, 25 Maret 2019. Melalui pencermatan rekam jejak, keduanya dinilai memiliki kemampuan dan independen.

"Pertimbangannya ada kompetensi yang dari awal memenuhi persyaratan," ujar Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima.

"Kedua-duanya dipandang mampu mengawal pelaksanaan debat ya," ucap Direktur Relawan BPN 02 Ferry Mursyidan Baldan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Amankan Debat Capres, Polri Terapkan Teknologi Face Recognition dan CCTV Mobile
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin Yakin Skor Debat Pilpres 2019 Jadi 4-0