Sukses

Di Debat Capres, Tempat Duduk SBY dan Mega Duduk Hanya Terpisah oleh Hamzah Haz

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat perdana capres 2019. Debat dilangsungkan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

KPU memakai ruangan Birawa sebagai tempat debat. Pantauan di lapangan, Kamis (17/1/2019), petugas KPU sedang mendekorasi ruangan debat capres. Beberapa properti dan pernak-pernik sudah dipasang.

Pada bagian depan terdapat layar besar dan dua podium khusus untuk pasangan capres dan cawapers. Di belakang podium juga tersusun kursi yang akan ditempati tim sukses pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Selain Timses, KPU menyediakan kursi bagi simpatisan dan tamu undangan. Mereka akan berada di bagian belakang meja panelis.

KPU mengatur posisi setiap tamu dengan menempelkan kertas nama di setiap atas kursi. Tercatat sederet nama pejabat dan mantan presiden serta wakil presiden yang bakal menghadiri debat capres ini.

Pada kursi bagian depan, ada kertas tertuliskan nama Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri. Mereka akan duduk berdekatan. Posisinya hanya dipisahkan mantan wakil presiden 2001-2004, Hamzah Haz.

Selain itu, terpasang juga nama Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jenderal (Purn) Tri Sutrisno (Wapres 1993-1998), Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan para panelis, yaitu Prof Bagir Kanan, Ahmad Taufik Damanik, Bivitri Susanti, Prof Hikmantoro Juwana, dan Margarito Kamis.

"Nama-nama yang terpasang sudah konfirmasi," kata salah seorang petugas KPU yang tidak mau disebutkan namanya.

2 dari 2 halaman

Agenda Debat

KPU menggelar debat capres sebanyak lima kali. Debat perdana berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

Debat ini diikuti pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan moderator Ira Koesno dan Imam Priyono. Tema debat adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sementara untuk tim panelis terdiri dari Bagir Manan, Hikmahanto Juwana, Agus Rahardjo, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, dan Margarito Kamis.

Untuk debat kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Ajang adu gagasan itu akan diikuti Jokowi dan Prabowo saja. Tema yang dibahas adalah Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, dan Infrastruktur.

Selang sebulan, debat ketiga akan digelar. Kali ini debat diikuti oleh cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat ini akan membahas tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Debat digelar di Hotel Sultan, Jakarta.

Untuk debat keempat akan digelar pada 30 Maret 2019. Debat akan diikuti Jokowi dan Prabowo. Tema debat Ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan, dan hubungan internasional. Debat akan digelar di Balai Sudirman, Jakarta.

Terakhir, debat kelima akan dilangsungkan pada awal April 2019 dengan tanggal yang belum ditentukan.

Lokasi debat juga belum diputuskan. Namun, ada empat stasiun televisi yang akan menyiarkan debat, yaitu TVOne, ANTV, BERITASATU, dan NET.

Gelaran debat kelima atau terakhir ini akan kembali dilakukan berpasangan, yaitu capres dan cawapres.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading