Sukses

4 Alasan Kepala Daerah Kompak Dukung Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan kepala daerah menyatakan mendukung Joko Widodo atau Jokowi di Pilpres 2019. Untuk tingkat gubernur saja, sebanyak 15 orang telah menyatakan mendukung Jokowi. Sisanya adalah para bupati dan wali kota di Indonesia.

Bergabungnya pemimpin daerah ini menambah kekuatan Jokowi menghadapi pertarungan dalam Pilpres 2019. Mereka diyakini bisa mendongkrak suara Jokowi di daerahnya masing-masing.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Eriko Sotarduga, menegaskan dukungan para kepala daerah tersebut tidak dibuat-buat atau dikondisikan oleh partai pendukung, tetapi karena melihat hasil kinerja Jokowi.

Apa saja alasan puluhan kepala daerah itu mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin? Berikut ulasannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Partai Mendukung

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyebut, dukungan itu diberikan karena sesuai dengan dukungan partai politik yang mendukungnya pada Pilgub Jawa Barat 2018 lalu.

"Dari awal kan sudah saya sampaikan kalau ditanya pilihan pribadi sebenarnya kan rahasia, tapi karena ditanya dijawab saya mendukung Pak Jokowi ya. Kenapa? Karena partai-partai pendukung saya di gubernur kan pendukung partai pemerintah," ujar Emil kepada wartawan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Sabtu, 25 Agustus 2018.

 

3 dari 5 halaman

2. Rakyat Merasakan Perhatian

Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru-Mawardi Yahya, mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Di Sumsel, ujar Herman, rakyat merasakan perhatian dari Jokowi. Pembangunan infrasturktur dan perekonomian terbilang cukup masif di Sumsel.

Contohnya, pembangunan Tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra), Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung), dan Tol Palembang-Pamulutan. Kemudian terealisasinya LRT di Sumsel dan bahkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Belum lagi perhatian Beliau ke masyarakat. Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Satu Miliar Desa. Saya merasakan akselerasi pembangunan di desa-desa. Sertifikat gratis juga diberikan, termasuk sertifikat Masjid Agung Palembang, sudah bersertifikat di zaman Pak Jokowi," ujar Deru.

 

4 dari 5 halaman

3. Paling Paham Papua

Kepala daerah yang juga menyatakan mendukung Jokowi adalah Gubernur Papua Lukas Enembe. Dia mengungkapkan, mendukung Jokowi-Ma'ruf karena Jokowi lebih memahami persoalan yang dihadapi Papua ketimbang calon presiden lain.

Jokowi, lanjut dia, juga bisa menyelesaikan masalah yang menimpa Papua selama ini.

"Semua presiden tidak mampu menyelesaikan Provinsi Papua. Ini kami catat. Siapa pun presiden, tapi saat ini yang terbaik Jokowi. Dia sudah lihat masalah kita banyak di Papua. Semua permasalahan di Papua dia memahami. Selama ini orang Jakarta tidak tahu, tapi Jokowi sudah memahami bahwa ternyata Papua lebih susah," jelasnya.

 

5 dari 5 halaman

4. Berhasil Membangun Daerah

Dukungan besar mengalir dari Sumatera Barat. Di provinsi ini, 10 kepala daerah, baik bupati maupun wali kota, menyatakan mendukung Jokowi. Bahkan, mereka mendeklarasikan diri mendukung Jokowi.

Alasan mereka mendukung Jokowi karena dinilai berhasil membangun Sumbar.

Mereka yang mendukung Jokowi adalah Wali Kota Solok Zul Elfian, Bupati Solok Gusmal, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Mentawai Yudas dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan.

Reporter:  Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.