Sukses

Berkas Jokowi-Ma'ruf Amin Lengkap, KPU Coret PSI dan Perindo

Dengan adanya keputusan KPU ini, partai pengusung mengerucut menjadi tujuh. Partai itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan PKPI.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyatakan berkas pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, lengkap.

"Kami coret dua partai yang belum ikut sebagai peserta Pemilu pada 2014 lalu, yaitu PSI dan Perindo," ujar Kepala Biro Teknis KPU Nur Syarifah di KPU, Kamis (10/8/2018).

Untuk syarat lainnya, menurut Syarifah, sudah dipenuhi oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Untuk syarat pencalonan kami nyatakan lengkap. Tes kesehatan pada 12 Agustus hari Minggu di RSPAD. Tolong dilihat syarat-syarat untuk kesehatan," tuturnya.

Dengan adanya keputusan KPU ini, partai pengusung mengerucut menjadi tujuh. Partai itu adalah PDIP, Golkar, PKB, NasDem, Hanura, PPP, dan PKPI.

Jokowi dan Ma'ruf Amin tiba di KPU sekitar pukul 09.30 WIB. Keduanya disambut ratusan pendukungnya. Jokowi juga didampingi para petinggi parpol koalisi pendukungnya.

Namun, Jokowi langsung masuk menggunakan mobil sedan hitamnya. Dia tak menyapa wartawan dan massa pendukung. Massa juga menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar" menyambut kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jokowi dan Ma'ruf Amin bertolak dari Gedung Joang '45, Cikini, Jakarta Pusat, bersama para jajaran petinggi koalisi parpol pendukungnya.

"Jokowi, Jokowi," teriak massa di depan KPU.

Turut terlihat Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum PPP Rommahurmuziy, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, serta politikus PDIP Ahmad Basarah.

Tampak pula Menteri Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.