Sukses

Pimpinan DPR Minta Semua Pihak Patuhi Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menyatakan, banyaknya pro-kontra pelaksanaan Pilkada 2020 adalah hal wajar, mengingat ini kali pertama saat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tokoh meminta agar Pilkada2020 ditunda, mengingat jumlah penyebaran Covid-19 masih terus meningkat.

Bahkan, ada usulan agar warga untuk melakukan golput sebagai bentuk perlundungan terhadap diri sendiri dari ancaman kerumunan di TPS.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menyatakan, banyaknya pro-kontra pelaksanaan Pilkada 2020 adalah hal wajar, mengingat ini kali pertama saat pandemi Covid-19.

Ia juga menilai warga yang memilih tidak menggunakan suara atau menjadi golongan putih adalah hak setiap WNI.

"Tanggapan masyarakat memang penuh dinamika karena memang baru pertama kali Pilkada diselenggarakan di tengah pandemi. Pilihan-pilhan itu adalah hak konstitusional WNI," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (25/9/2020).

Meski demikian, politisi Gerindra ini meminta agar WNI tetap menyalurkan suaranya dan tidak Golput agar Pilkada 2020 berjalan sukses.

"Namun untuk suksesnya Pilkada kami harapkan partisipasi hak memilih dan dipilih dilakukan dengan baik," jelas Dasco.

 

Saksikan Pilihan Video di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuhi Protokol Kesehatan

Dasco menyebut, agar seluruh jalannya Pilkada 2020 yang baik, tentu mengikuti aturan yang sudah disepakati bersama, menjadi kunci. Salah satunya penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sehingga, masyarakat yang ingin berpartisipasi, apalagi menggunakan hak pilihnya, tidak merasa khawatir.

"Tentunya aturan mematuhi protokol kesehatan," tutup Dasco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Pilkada 2020