Sukses

Program Khusus Gus Ipul untuk Pengusaha Wanita Jatim

Menurut Gus Ipul, jumlah pengusaha wanita harus diperbanyak karena punya peran besar meningkatkan ekonomi Jatim.

Liputan6.com, Tuban - Masih minimnya jumlah wanita pengusaha jadi sorotan Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Menurutnya, jumlah pengusaha wanita harus diperbanyak karena punya peran besar meningkatkan ekonomi Jatim.

"Sekarang sudah banyak wanita yang jadi pengusaha, tapi jika dibandingkan dengan laki-laki jumlah pengusaha perempuan masih sedikit," tutur Gus Ipul saat Peringatan Puncak HUT Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) dan Pelantikan Pengurus DPC Iwapi Kabupaten Tuban 2018-2023, Selasa 27 Februari 2018.

Mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengatakan, kontribusi UMKM terhadap pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim mencapai 54 persen. Di tengah krisis ekonomi yang masih bergejolak, kondisi ekonomi Jatim terbilang masih kondusif karena ditopang UMKM.

"Sektor UMKM hingga saat ini masih menopang lebih dari separuh perekonomian Jatim. Dengan kontribusi mencapai 54 persen pada PDRB Jatim," kata Gus Ipul.

Ia juga mengingatkan ada dua hal yang perlu diperhatikan menghadapi pasar saat ini. Pertama, perlu adanya kajian yang detail tentang bagaimana keadaan pasar saat ini. Banyak asosiasi perkumpulan UMKM yang dapat membina sekaligus melatih para pengusaha wanita untuk memahami karakter pasar.

Kedua, setelah memahami pasar, para pengusaha didorong untuk menciptakan produk dan inovasi sebagaimana yang diminta dan dibutuhkan oleh pasar.

"Saya salut dengan produk ibu-ibu pengusaha yang dipamerkan. Bagaimana mengolah ikan yang kualitasnya menurun, diasap dan dijual ke pasar," ucap Gus Ipul. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Khusus

Selain itu, Gus Ipul juga memiliki program khusus untuk mendorong pengusaha wanita. Yakni, dalam program PKH Super. Di dalamnya, Gus Ipul menyiapkan pemberian modal usaha untuk perempuan miskin melalui Jalin Mitra Plus.

"Ini juga sebagai upaya memperkuat pemberdayaan ekonomi keluarga masyarakat Jawa Timur," kata dia.

Usai berkunjung Diacara tersebut, Gus Ipul bergeser ke kampung nelayan Tuban serta ziarah ke Makam Sunan Bonang.

Bersama sang istri Fatma Saifullah Yusuf, Gus Ipul memulai kegiatannya dengan menyapa para penjual ikan asap yang ada di sepanjang Jalan Panglima Sudirman Kota Tuban. Gus Ipul lantas masuk ke gang-gang sempit untuk menyapa dan berdialog dengan warga.

Usai masuk ke perkampungan nelayan, Gus Ipul lantas masuk ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Palang. Di hadapan para nelayan, Gus Ipul mengungkapkan bahwa Pemerintah harus hadir dan memberikan kemudahan bagi nelayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.