Sukses

Soekarwo: Saya Tak Akan Jadi Jurkam Khofifah atau Gus Ipul

Dia pun menegaskan, kabar yang menyerang bakal cawagub Azwar Anas tak akan membuat Pilkada Jatim 2018 memanas.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur yang juga kader Partai Demokrat Soekarwo mengungkapkan, tidak akan turun menjadi juru kampanye di Pilkada Jatim 2018. Baik untuk Khofifah Indar Parawansa maupun Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

"Saya tak kampanye di tempatnya Ibu (Khofifah). Tapi, mesin partai saya dorong jalan terus. Gus (Gus Ipul) saya tak akan mungkin kampanye bantu sampeyan, ndak. Tapi kalau kemudian Sampeyan mau ngerokok, enggak punya, saya beliin. Clear," ucap Soekarwo di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2018.

Sebagai bukti bahwa kedua kandidat di Pilkada Jatim 2018 itu adalah temannya, pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini mengungkapkan keterkejutan dengan yang terjadi baru-baru ini, terutama yang menimpa pasangan Gus Ipul, Azwar Anas.

"Terkejut saya. Tapi belum komunikasi (dengan Azwar Anas). Tapi dengan Gus Ipul komunikasi terus," jelas Pakde Karwo.

Dia pun menegaskan, ini tak akan membuat Pilkada Jatim 2018 memanas. Menurut dia, tak cocok masyarakat Jatim digegerkan dengan isu seperti itu.

"Enggak (memanas). Dingin. Masyarakat di sana tak cocok teriak, cocoknya tepuk tangan. Di sana itu sangat open mind. Teriak itu artinya kalau menyampaikan sesuatu disampaikan. Bukan teriak-teriak itu (black campaign)," ungkap Pakde Karwo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Menguntungkan Khofifah

Kendati demikian, dia mengaku tidak dalam kapasitas untuk memastikan apakan serangan terhadap Azwar Anas itu tergolong kampanye hitam atau kampanye negatif.

"Tapi kita tidak tahu, apakah itu (yang menimpa Azwar Anas) kampanye hitam atau tidak," ungkap Pakde Karwo.

Dia juga mengatakan, apa yang terjadi dengan pasangan Gus Ipul-Azwar Anas, tidak menguntungkan pasangan Khofifah-Emil Dardak. Menurutnya masyarakat sudah rasional.

"Enggak ada. Saya tidak mengomentari untung. Saya pikir masyarakat sudah rasional," pungkas Pakde Karwo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.