Sukses

Jelang Pemilu, Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Sadar

Bawaslu sudah menjalin kerja sama dengan 14 lembaga pendidikan tingkat SMA atau sederajat untuk sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula.

Liputan6.com, Bangka Tengah - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan Program Sekolah Demokrasi Akar Rumput (Sadar) untuk memberikan pendidikan demokrasi dan meningkatkan partisipasi pemilih.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan 14 lembaga pendidikan tingkat SMA atau sederajat untuk menjalankan Program Sadar jelang Pemilu 2019.

"Sebanyak 14 SMA/SMK sudah menjalin kerja sama dengan kami, nanti kami akan mengukuhkan empat siswa dari setiap sekolah sebagai duta kepengawasan," ujar Robianto, seperti dilansir Antara, Selasa (27/11/2018).

Ia mengatakan, siswa di sejumlah sekolah merupakan para pemilih pemula potensial yang belum banyak mengetahui tentang demokrasi dan kepemiluan.

"Pada Pemilu 2019 para pemilih pemula ini sudah mempunyai hak pilih, maka kami ingin mereka menjadi pemilih yang cerdas dan pemilih yang berkualitas," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Bawaslu

Robianto mengatakan, duta yang dibentuk pada setiap sekolah akan membantu pihak Bawaslu dalam melakukan pengawasan dan membantu mensosialisasikan tentang kepemiluan dengan baik dan benar.

"Kami tentu membutuhkan partisipasi aktif semua pihak dalam mengawal pesta demokrasi agar berlangsung aman dan damai," tegas Robianto.

Pihaknya juga terus mensosialisasikan tentang fungsi pengawasan partisipatif dan tentang kepemiluan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.