Sukses

Benny K Harman sampai Dede Yusuf, Jagoan Demokrat yang Dipersiapkan untuk Pilkada 2024

Partai Demokrat tengah bersiap menyambut helatan Pilkada 2024 yang dalam hitungan bulan akan dimulai tahapannya. Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu pun sudah menyiapkan sejumlah nama jagoannya yang akan dimunculkan.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat tengah bersiap menyambut helatan Pilkada 2024 yang dalam hitungan bulan akan dimulai tahapannya. Partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu pun sudah menyiapkan sejumlah nama jagoannya yang akan dimunculkan.

Misalnya, di Nusa Tenggara Timur (NTT), partai berlambang bintang mercy itu akan mengusung Benny K Harman. Kemudian di Jawa Timur ada nama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

"Demokrat sudah memunculkan juga di beberapa wilayah, misalkan di NTT memunculkan nama Pak Benny Harman. Kemudian di Jawa Timur memunculkan pasangan Bu Khofifah dan Mas Emil Dardak," kata Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Kemudian, untuk di Jawa Barat nantinya Demokrat akan memasang nama Dede Yusuf. Selain itu, untuk di tingkat Kabupaten pihaknya telah mengeluarkan surat edaran rekomendasi untuk calon Bupati.

Dalam surat itu, nantinya mereka atau para calon itu disebutnya yang siap bertarung sudah memenuhi sejumlah kriteria.

"Nah tinggal sekarang kami baru mengeluarkan surat edaran terkait dengan penjaringan calon bupati atau wali kota atau gubernur, dengan syarat bahwa sudah ada hasil survei yang disurvei lembaga-lembaga yang kredibel," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Demokrat soal Pilkada DKI Jakarta

Kemudian, saat disinggung soal calon untuk maju di Pilkada DKI Jakarta apakah akan berkoordinasi dengan partai lain. Menurutnya, hal itu harus tetap dibicarakan.

"Memang bagaimanapun schedule-nya sudah dekat. Kita sudah, kalau lihat schedule kan November. Kalau November, berarti kan awal Juni sudah mulai tahapan-tahapan Pilkada, kalau tahapan Pilkada kita terlewat, ya tentu kita juga akan ketinggalan para kandidat potensial," ucapnya.

"Oleh karenanya, surat edaran itulah yang nanti menjadi patokan, dan yang saya tahu surat edaran dikirimkan ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD), sehingga pada hari ini sudah mulai rapat mereka, terkait dengan persiapan-persiapan tahapan, yang saya kira kita mulai," sambungnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Koalisi Belum Dipastikan

Namun, koalisi ini belum bisa dipastikan apakah bersama dengan partai yang juga berkoalisi saat Pilpres 2024 apa tidak.

"Ya ini belum ada kepastian, tetapi ya mungkin pembicaraan utama di lingkaran Indonesia Maju, di Koalisi Indonesia Maju apakah nanti ada irisan-irisannya, misalkan di Jawa Timur kan ada irisannya," ungkapnya.

"Kemudian apakah juga di DKI Jakarta, tapi ya sepanjang pengalaman kami bahwa untuk Pilkada itu biasanya tidak searah jarum dengan Pilpres ataupun koalisi di Pilpres, biasanya berubah-ubah di Provinsi, Kabupaten/Kota itu ya tergantung masing-masing kepentingan di wilayahnya masing-masing," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini