Sukses

Rekapitulasi KPU: Anies-Muhaimin Menang di Sumatera Barat, Ganjar-Mahfud Keok

KPU telah mengesahkan hasil rekapitulasi suara nasional Pilpres 2024 untuk wilayah Sumatera Barat. Hasilnya, paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin unggul dengan 1.744.042 suara, disusul Prabowo-Gibran 1.217.314 suara, dan Ganjar-Mahfud hanya 124.044 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan hasil rekapitulasi suara nasional Pemilihan Presiden (Pillpres) 2024 untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di atas dua kandidat lainnya.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara nasional wilayah Sumatera Barat yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2024), total terdapat 3.128.346 penggguna hak pilih di Sumbar. Rinciannya 3.085.400 surat suara dinyatakan sah, dan 42.946 sisanya tidak sah.

Hasilnya, pasangan nomor urut 1 Anies-Muhaimin berada di urutan pertama dengan perolehan 1.744.042 suara.

Kemudian di posisi kedua ada pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 1.217.314 suara.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada di posisi terakhir. Duet Ganjar-Mahfud hanya meraih 124.044 suara di Sumatera Barat.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, jumlah penggunaan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden sudah cocok dengan jumlah pemilih yang hadir ke TPS serta jumlah suara sah dan tidak sah, yakni sebanyak 3.128.346 lembar.

"Di Provinsi Sumatera Barat, dapat kita sahkan ya? Bismillah sah," kata Hasyim saat rapat pleno rekapitulasi di KPU.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Sampaikan Duka untuk Warga Sumbar Terdampak Banjir dan Longsor

Sementara itu, Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan ucapan duka kepada warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terdampak bencana banjir dan longsor. Anies menyadari tragedi itu telah membawa kesedihan yang amat mendalam bagi korban.

"Kami bersama dengan ibu bapak semua dalam menghadapi masa-masa yang penuh dengan cobaan ini, masa-masa yang sulit ini, termasuk kepada begitu banyak korban yang wafat yang dalam hitungannya sampai dengan hari ini lebih dari 30," kata Anies Baswedan melalui akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (13/3/2024).

Anies berdoa agar semua korban wafat dalam keadaan husnul khatimah karena tutup usia di bulan suci Ramadan. Dia berharap para korban meninggal diberikan derajat yang tinggi oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga berharap seluruh korban banjir dan longsor yang masih dinyatakan hilang dapat ditemukan dalam keadaan selamat. Sehingga, bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

"Izinkan kami mengirimkan doa agar yang terdampak diberikan kekuatan, diberikan ketabahan, diberikan kesabaran dalam menghadapi ujian yang amat berat ini," kata Anies.

 

3 dari 3 halaman

Anies Ajak Masyarakat Bantu Korban Banjir di Sumbar

Lebih lanjut, Anies mengajak seluruh masyarakat Indonesia bergandengan tangan memberikan dukungan baik berupa tenaga, materi maupun doa kepada masyarakat Sumbar yang terdampak bencana banjir dan longsor. Menurutnya, setiap bentuk bantuan akan sangat berarti bagi korban bencana alam.

"Mari kita tunjukan solidaritas kita sebagai bangsa yang kuat dan penuh kasih. Saatnya kita bersama-sama mengulurkan tangan untuk membantu membangun kembali kehidupan dan harapan bagi masyarakat di Sumatera Barat yang hari ini sedang terdampak oleh bencana," ucap Anies.

Terakhir, Anies memberikan semangat kepada para tim penyelamat, relawan, hingga masyarakat setempat yang berada di garda terdepan membantu menyelamatkan serta memulihkan kondisi pascabencana banjir dan longsor.

"Kami ingin sampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga atas dedikasinya. Semua yang berada di garis depan bukan sedang berkorban tapi sedang dapat kehormatan mewakili kita semua seluruh bangsa Indonesia hadir di sana untuk menyelamatkan, hadir di sana untuk meringankan beban," tutur Anies.

"Insyaallah ikhtiar kita bersama ini akan dapat meringankan beban yang saat ini sedang dipikul oleh saudara-saudara kita dan insyaallah akan membawa pemulihan yang lebih cepat, pemulihan yang lebih berkelanjutan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini