Sukses

Unggul Sementara di Real Count KPU, Politikus PDIP Ucapkan Terima Kasih kepada Rakyat Indonesia

Perolehan suara PDI Perjuangan pada pemilu tahun 2024 cukup tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Perolehan suara PDI Perjuangan pada pemilu 2024 cukup tinggi. Hingga Kamis (22/2/2024) pukul 09.00 WIB perolehan suara PDI Perjuangan berdasarkan real count KPU berjumlah 11.594.669 atau 16,89 persen.

Menurut Politikus Senior PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno capaian suara tersebut lebih rendah dari target yang ditentukan sebelumnya.

Pada pemilu tahun 2019 partai berlambang banteng moncong putih tersebut berhasil meraup suara 19,33 persen.

"Capaian ini lebih rendah dari target yang kami tentukan. Dinamika politik sangat bergejolak. Terkadang infrastruktur partai butuh waktu untuk melakukan penyesuaian," ujar Hendrawan, Kamis(22/2/2024).

Hendrawan juga mengatakan PDI Perjuangan masih menunggu proses perhitungan suara sampai tuntas dan diumumkan secara resmi oleh KPU.

"Dari proses perhitungan yang jurdil tersebut, bila akhirnya kami mendapat suara tertinggi, pertama-pertama kami berterima kasih kepada rakyat untuk kepercayaan yang diberikan kepada kami," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Evaluasi

Hasil pemilu 2024 lanjut Hendrawan juga bakal dijadikan bahan evaluasi objektif di internal partai agar pada masa mendatang PDIP bisa menjadi lebih baik lagi.

"Kami pada waktunya akan melakukan evaluasi obyektif atas apa yang terjadi, untuk kemudian menjadi masukan bagi opsi-opsi strategis masa depan," ujar Hendrawan.

PDI Perjuangan berpotensi mencetak hattrick kemenangan pada pemilu legislatif apabila penghitungan secara resmi dari KPU diumumkan nanti.

Pada pemilu tahun 2014 PDI Perjuangan memperoleh suara 18,95 persen. Pemilu tahun 2019 perolehan suara PDI Perjuangan naik menjadi 19,33 persen dan kembali menjadi pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.