Sukses

Selesaikan Persoalan di Papua, Ganjar: Saya Mengedepankan Rembugan

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menyatakan bakal mengedepankan pendekatan kultural dan dialog untuk menyelesaikan konflik di Papua. Pendekatan tersebut melalui tokoh adat, agama, dan masyarakat setempat.

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, menyatakan bakal mengedepankan pendekatan kultural dan dialog untuk menyelesaikan konflik di Papua. Pendekatan tersebut melalui tokoh adat, agama, dan masyarakat setempat.

Kata dia, biasanya konflik muncul dan memanas karena beberapa faktor. Salah satunya yakni faktor masyarakat setempat yang merasa kurang dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Khususnya terkait pembangunan.

"Banyak konflik yang terjadi karena pada saat proses pengambilan keputusannya mereka tidak dilibatkan, atau dilibatkan tapi kurang representatif. Maka intensitas pelibatan kelompok dalam suku, agama, golongan, ras yang berbeda memang butuh waktu," kata Ganjar di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah menyebut untuk memitigasi sebuah keputusan negatif diperlukan berdialog dengan masyarakat. Rembugan merupakan salah satu tradisi masyarakat.

Lanjut dia, hal tersebut juga dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik di Papua.

"Termasuk kita adopsi ke beberapa persoalan seperti kemarin orang bertanya bagaimana menyelesaikan persoalan di Papua dengan kekerasan, dengan senjata, atau diplomasi dan dialog. Saya pilih yang dialog," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadir di Pesta Rakyat Kendal

Sebelumnya, Ganjar Pranowo memeriahkan pesta rakyat Ganjar-Mahfud yang diadakan di Kendal, Selasa (23/1/2024). Turut hadir sejumlah musisi seperti NDX AKA dalam acara tersebut.

Dalam pidatonya, Ganjar menegaskan komitmennya untuk mendengar suara rakyat dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa.

"Kita bersama-sama untuk membangun Indonesia lebih baik, saya bersama pak Mahfud akan selalu mendengar suara-suara rakyat untuk membawa Indonesia emas ditahun 2024," kata Ganjar.

Politikus PDIP ini juga menyampaikan kepada para pendukungnya untuk tetap berkampanye dengan sehat, tidak provokasi, dan menjatuhkan paendukung paslon lainnya.

Deklarasi ini bukan hanya sebagai wujud dukungan politik, tetapi juga sebagai bentuk kebersamaan untuk mencapai perubahan positif di tingkat nasional.

Sementara, Ketua Umum DPP Banteng Muda Indonesia Mochamad Herviano menyatakan dukungan total dan mengajak seluruh masyarakat untuk memilih Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 14 Februari 2024.

“Pak Ganjar dan pak Mahfud Pilihan Kita, mereka adalah putra-putra bangsa yang siap membawa Indonesia lebih baik, sejahtera, dan maju,” tegas Herviano.

 

3 dari 3 halaman

Dinanti Masyarakat

Pesta Rakyat Ganjar-Mahfud tidak hanya dimeriahkan oleh aspek politik, namun juga harmoni kesenian.

Penampilan menarik selain dari NDX AKA turut memperkaya pengalaman para hadirin. Keberagaman elemen acara ini menciptakan suasana yang unik, menggambarkan solidaritas di antara warga Kabupaten Kendal.

Ferry, salah satu warga menuturkan semangatnya dalam konser meriah tersebut. "Kami telah menunggu kedatagan beliau sejak siang tadi, kami berharap bahwa pak Ganjar dan pak Mahfud bisa sukses di pilpres 2024 mendatang," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini