Sukses

KPU Rilis 11 Nama Panelis Debat Cawapres Pilpres 2024 yang Bakal Digelar di JCC

Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) keempat akan diselenggarakan pada akhir pekan ini, Minggu 21 Januari 2024. Pada debat kali ini, tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) akan 'bertanding' untuk yang kedua kalinya.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Pemilihan Presiden (Pilpres) keempat akan diselenggarakan pada akhir pekan ini, Minggu 21 Januari 2024. Pada debat kali ini, tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) akan 'bertanding' untuk yang kedua kalinya.

"Ya debat Pilpres keempat akan diselenggarakan Minggu 21 Januari 2024," ujar Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat, Rabu (17/1//2024).

Dia menjelaskan, seperti pada debat-debat sebelumnya, KPU RI juga telah menetapkan lokasi debat cawapres yakni di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Diketahui, ada tiga stasiun tv yang akan bertindak untuk menyiarkan debat Pilpres ke empat nanti.

"Tv penyelenggara adalah SCTV, Indosiar dan Metro TV," ucap August Mellaz.

Sebagai informasi, KPU RI telah menunjuk dua orang moderator sebagai pemandu jalannya debat. Mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

Seperti pada debat sebelumnya, akan ada 11 orang yang akan bertugas sebagai panelis untuk menggodok daftar pertanyaan debat. August Mellaz memastikan, mereka sudah dikonfirmasi dan bersedia.

"Mereka sudah dipilih sesuai kompetensi dan dikonfirmasi kesediaanya sebagai panelis," tandas August Mellaz.

Berikut daftar 11 nama panelis debat keempat:

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanaan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).

9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Debat Cawapres Kedua di JCC Senayan, KPU Akan Batasi Jumlah Pengawal Pribadi

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan membatasi jumlah pengawal pribadi pada acara debat cawapres yang kedua. Debat keempat Pilpres 2024 ini akan dilaksanakan di JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Betul (pengawal pribadi dibatasi jumlahnya)," kata Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin malam 15 Januari 2024.

Sementara mengenai banyaknya pendukung yang masuk ke dalam ruangan acara pada debat calon presiden (capres) yang berlangsung di Istora Senayan, hal tersebut dikarenakan banyaknya pintu masuk.

"Yang pasti kan kemarin posisinya karena ini posisi tempatnya, Istora itu kan ada tribun dan kemudian ada banyak pintu masuk, memang sudah dilarang. Tapi pada akhirnya begitu," ucap August.

"Saya juga sudah lihat di tribun kok banyak orang, makanya saya panggil komandan pengawalan KPU, kenapa itu terjadi," sambung August.

Oleh karenanya, saat itu, dia langsung memanggil komandan pengawalan KPU dan mendatangi pihak kepolisian yang saat itu ikut melakukan pengamanan.

"Makanya datang menghadap saya bersama wakilnya dan juga pihak kepolisian memang situasinya demikian. Saya hanya sampaikan 'oke kalau gitu enggak usah dikeluarkan, tapi dipastikan bahwa mereka tidak ikut teriak-teriak'," ujar dia.

"Kalau yang tidak ikut selebrasi apapun lah, kalau selebrasi kan tim pendukung dan itu ada waktunya," pungkas August.

 

3 dari 3 halaman

KPU: Debat Keempat Pilpres 2024 Kembali Digelar di JCC Senayan

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan lokasi debat sesi keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat Pilpres untuk kandidat calon wakil presiden (Cawapres) nantinya akan kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada Minggu 21 Januari 2024.

Keputusan ini diambil setelah KPU melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing tim pasangan capres-cawapres 2024.

"Yang jelas debat keempat yang dilaksanakan pada 21 Januari akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau lihat pengalamannya di JCC, selain karena avalailability tersedia," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin 15 Januari 2024.

"Kemudian secara teknis juga bisa sangat membantu tim penyelenggara debat, dan juga tim paslon sangat familiar dengan tempat itu," sambungnya.

Sementara terkait dengan moderator, tema, hingga panelis dalam debat cawapres nanti, masih akan dilakukan rapat koordinasi lanjutan pada Rabu, 17 Januari 2024.

"Nah nanti kami rencakan hari Rabu akan bertemu dan itu dalam rangka finalisasi proses semua," ujarnya.

"Jadi nanti Hari Rabu kami akan umumkan sebagaimana kebiasaan yang kami lakukan dalam rangka pelaksanaan debat. Mulai dari moderator, panelis, tema, segala macam," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.