Sukses

Sambangi Pasar Bersehati Manado, Atikoh Ganjar Terima Keluhan soal Bahan Pokok hingga BPJS

Atikoh mendengarkan secara saksama penjelasan pedagang itu. Atikoh lalu menanyakan bagaimana harga bahan pokok lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh menyambangi Pasar Bersehati di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (17/1/2024). Para pengunjung dan pedagang langsung mengerubungi dan ingin bersalaman dengan Atikoh.

Atikoh lantas menyapa dan membeli beberapa bahan pangan. Mulanya, Atikoh menanyakan kepada pedagang bagaimana stok dan harga jual minyak.

"Kalau minyak untuk sementara harganya masih stabil. Yang naik sementara ini beras ketan harganya sudah naik, satu karungnya harganya naik Rp100 ribu. Pada Desember harganya stabil. Tetapi setelah di Januari ini, naik biasanya dia, kalau (dulu) naik hanya Rp20 ribu, tetapi sekarang sudah 100 ribu," kata pedagang itu kepada Atikoh.

Atikoh mendengarkan secara saksama penjelasan pedagang itu. Atikoh lalu menanyakan bagaimana harga bahan pokok lainnya.

Pedagang itu menyebutkan rata-rata bahan pokok mengalami kenaikan seperti beras dan ketan.

Selain itu, Atikoh juga ditanyai pedagang tersebut apakah ketika Ganjar-Mahfud Md terpilih pada Pilpres 2024 nanti, pedagang melalui KTP Sakti akan mendapat bantuan sebagai UMKM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janjikan Penguatan Bantuan

Atikoh menjanjikan ada penguatan mengenai bantuan. Namun, lanjut Atikoh, Ganjar-Mahfud lebih mengutamakan soal pendataan baru dan dan memudahkan penyaluran modal

"Untuk permodalan nanti akan ada beberapa skema. Ada skema yang memang untuk pedagang kecil, nah, itu nanti masuknya apa, apakah untuk pedagang yang masih kecil atau sudah besar. Karena itu tentu sistemnya beda-beda. Kalau pedagang kecil, kan, mungkin modalnya enggak terlalu banyak. Maka itu dari KTP Sakti akan kelihatan. Salah satunya seperti itu," jelas dia.

Selain itu, ada pedagang juga menanyakan apakah ada rencana Ganjar-Mahfud menggratiskan BPJS Ketenagakerjaan untuk pedagang. Atikoh menjawab bahwa usuln itu bisa jadi akan dipertimbangkan.

"Itu akan dilihat juga. Kalau orang kaya enggak mungkin digratiskan, kan? Karena akan membenani pemerintah. Yang digratiskan itu benar-benar orang yang berhak dan tidak mampu," kata Atikoh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.