Sukses

Cak Imin: Anak Muda Berpolitik Jangan karena Kontrak dan Iklan

Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengapresiasi figur anak-anak muda yang mulai terjun ke politik. Tetapi, ia mengingatkan para anak muda berpolitik jangan cuma karena ada kontrak dan iklan saja.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengapresiasi figur anak-anak muda yang mulai terjun ke politik. Tetapi, ia mengingatkan para anak muda berpolitik jangan cuma karena ada kontrak dan iklan saja.

Hal itu disampaikan Cak Imin dalam dialog interaktif cawapres yang digelar TvOne, Rabu malam (6/12/2023). Pernyataan Cak Imin itu ditujukan langsung kepada sosok artis Raffi Ahmad yang bertindak sebagai panelis dalam dialog tersebut.

"Kita patut apresiasi Raffi Ahmad, kita patut apresiasi figur muda yang mulai bersentuhan dengan politik," ujar Cak Imin.

"Tapi tolong, bersentuhan dengan politik jangan karena kontrak apa, apa iklan, dan seterusnya," tegas ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Cawapres yang diusung Nasdem, PKB dan PKS itu mengatakan, anak muda yang berpolitik harus dengan komitmen tinggi terhadap politik itu sendiri.

"Bersentuhan dengan komitmen yang tinggi terhadap politik," ujar Cak Imin.

Raffi Ahmad pun langsung menanggapi setuju dengan pertanyaan tersebut.

Diketahui, sosok artis pemilik Rans Entertainment ini sempat diundang calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto. Raffi menjadi salah artis dan influencer yang makan siang bersama Prabowo pada 29 November 2023.

Cak Imin Ajak Media Sosial Diisi Gagasan dan Ide

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin mengatakan, untuk anak muda yang tertarik terjun berpolitik perlu dibuka ruang memberikan gagasan dan ide. Salah satunya adalah di media sosial.

Karena itu, Cak Imin mengajak semua pihak untuk menampilkan gagasan dan ide di ruang-ruang media sosial.

"Sebagai salah satu membuka kita dan yang paling penting mengisi semua dunia digital, sosial media dengan gagasan-gagasan, ide. Kalau itu semua kita lakukan, termasuk pemerintah berkewajiban melakukan sosialisasi gagasan. KPU juga melalui sosial media menarik cerdas santun santai kira-kira semua anak muda tertarik di politik," ujar Cak Imin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cak Imin Ungkap Penyebab Anak Muda Alergi Politik

Cak Imin pun menyinggung alerginya anak muda dengan politik bukan juga salah pada mereka, melainkan ada andil besar dari para politikus dan pemerintah yang rajin menampilkan hal-hal negatif ke publik.

"Ini tidak bisa disalahkan anak muda saja. Kesalahannya ada di politisi juga, kesalahannya ada di pemerintah juga, kesalahannya ada juga di televisi juga yang suka menampilkan yang negatif melulu daripada yang positif," ujar Cak Imin.

Saat ini, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tengah berupaya menampilkan gagasan dan ide ke publik. Termasuk membuka ruang anak muda menyampaikan usulan sampai kritik terhadap pasangan AMIN. Dengan program Desak Anies dan Selepet Imin.

"Saya sama Mas Anies punya acara namanya Desak Anies. Semua kalangan boleh datang, boleh maki, boleh memprotes keadaan, boleh mengusulkan sesuatu. Saya juga punya acara namanya Selepet Imin, yang macem-macem gue selepet," kata Cak Imin.

3 dari 3 halaman

Cak Imin Ingin Diingat sebagai Wapres yang Memberi Solusi dan Bisa Diharapkan

Dalam dialog interaktif tersebut, Pakar Ilmu Komunikasi Effendi Gazali menanyakan kepada dua cawapres yang hadir yaitu Cak Imin dan Mahfud Md apa keinginan branding-nya di depan anak muda. Effendi merupakan salah satu panelis di dialog malam ini, selain Raffi Ahmad.

"Bapak cawapres ini ingin diingat atau branding-nya seperti apa pada anak muda. Jadi Cak Imin boleh punya dua branding, atau dua makna lah bagi anak muda kita. Cak Imin itu cawapres apa bagi anak muda?" kata Effendi.

Cak Imin menjawab, pertama ingin menjadi sosok wakil presiden yang bisa selalu memberikan solusi untuk kaum muda.

"Saya ingin menjadi wakil presiden yang selalu memberi solusi untuk kaum muda," kata Cak Imin.

Branding yang kedua, ketua umum PKB ini ingin menjadi wakil presiden yang diharapkan oleh seluruh kaum muda.

"Satu lagi saya ingin jadi wakil presiden yang benar-benar jadi harapan seluruh kaum muda," ujar Cak Imin.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.