Sukses

5 Pernyataan Prabowo Subianto saat Kampanye Perdana di Tasikmalaya, Jawa Barat

Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan kampanye perdana pada akhir pekan Sabtu 2 Desember 2023 ke Tasikmalaya, Jawa Barat dan Minggu 3 Desember 2023 ke Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto melakukan kampanye perdana pada akhir pekan Sabtu 2 Desember 2023 ke Tasikmalaya, Jawa Barat dan Minggu 3 Desember 2023 ke Banten.

Saat ke Tasikmalaya, Prabowo Subianto melakukan silaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda di Manonjaya. Kedatangan Prabowo disambut meriah ratusan santriwan dan santriwati Ponpes Miftahul Huda.

Terlihat, eks Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang juga politisi PPP ikut berdiri di tengah-tengah santri. Prabowo dan rombongan tiba menumpangi mobil pada pukul 10.39 WIB.

Tak sendirian, Prabowo juga turut didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil (RK) dan Anggota DPR RI Komisi IV dari Partai Persatuan Pembangunan, Asep Ahmad Maoshul Affandy dan Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan, dan Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

Rupanya, Prabowo tak kuasa menahan haru saat disambut hangat santriwan dan santriwati. Terlihat dari wajahnya yang sempat berkaca-kaca. Momen itu terjadi pada saat Prabowo bersama rombongan berada di dalam masjid. Ribuan santri memenuhi area. Mereka duduk rapih.

Nama Prabowo tak henti-hentinya terus bergema. Prabowo pun menjawab dengan lambaian tangan sambil bergaya salam Namaste.

Prabowo mengaku tak menyangka mendapat sambutan yang luar biasa dari para santriwan dan santriwati.

"Iya (berkaca-kaca). Luar biasa, luar biasa penyambutannya luar biasa," jawab Prabowo, Sabtu 2 Desember 2023.

Prabowo pun memuji sistem belajar-mengajar yang diterapkan oleh Ponpes Miftahul Huda.

"Kita lihat bagaimana civitas pesantren melaksanakan misi pendidikan mengembleng anak-anak muda kita dengan baik. Kita lihatlah ada kiai-kiai yang peduli pendidikan," ujar dia.

Prabowo pun berkomitmen memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat Indonesia bila terpilih menjadi Presiden RI periode 2024–2029.

Berikut sederet pernyatan Prabowo Subianto saat kampanye perdana pada Sabtu 2 Desember 2023 ke Tasikmalaya, Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berkaca-Kaca Saat Disambut Para Santri Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya

Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto bersama Tim Kampanye Nasional dan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat sambangi Ponpes Miftahul Huda di Manonjaya, Tasikmalaya, pada Sabtu 2 Desember 2023.

Prabowo tak kuasa menahan haru saat disambut hangat santriwan dan santriwati. Terlihat dari wajahnya yang sempat berkaca-kaca.

Momen itu terjadi pada saat Prabowo bersama rombongan berada di dalam masjid. Ribuan santri memenuhi area. Mereka duduk rapih. Nama Prabowo tak henti-hentinya terus bergema. Prabowo pun menjawab dengan lambaian tangan sambil bergaya salam Namaste.

Setelah itu, Prabowo menghampiri santriwati yang duduk di sisi sebelah kanan. Prabowo diajak santriwati untuk berswa foto. Gayung bersambut, Prabowo tanpa berkata-kata langsung meladeni permintaan itu.

Prabowo mengaku tak menyangka mendapat sambutan yang luar biasa dari para santriwan dan santriwati.

"Iya (berkaca-kaca). Luar biasa, luar biasa penyambutannya luar biasa," jawab Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo memuji sistem belajar-mengajar yang diterapkan oleh Ponpes Miftahul Huda.

"Kita lihat bagaimana civitas pesantren melaksanakan misi pendidikan mengembleng anak-anak muda kita dengan baik. Kita lihatlah ada kiai-kiai yang peduli pendidikan," ujar dia.

 

3 dari 6 halaman

2. Beri Kenang-kenangan ke Anak-Anak Ponpes, Minta Mereka Belajar dengan Baik

Kegembiraan terpancar dari wajah lima orang anak-anak yang sedang bermain di area Ponpes Miftahul Huda di Manonjaya, Tasikmalaya.

Bagaimana tidak, mereka mendapat kesempatan berbincang-bincang dengan calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Bahkan, Prabowo turut memberikan cendera mata berupa koin Kemenhan.

Pemandangan itu terjadi saat Prabowo hendak menyudahi silaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda.

Bersama rombongan, Prabowo kemudian berjalan menuju ke mobil. Namun, langkah kaki terhenti takala melihat anak-anak sedang bermain di benton berbentuk segitiga.

Prabowo menghampiri anak kecil berbaju hijau. Dia menundukkan kepala sambil memeluk anak tersebut. Empat orang temannya ikut nimbrung.

Prabowo bertanya satu persatu kepada anak tersebut. Mereka kemudian memperkenalkan namanya masing-masing. Diawali dari Hanif, Amri, Rafiq, Ikhwan. Prabowo berpesan kepada anak-anak itu untuk rajin belajar.

"Nanti belajar yang rajin ya," kata Prabowo.

Setelah itu, Prabowo memberikan sovenir berupa koin Kemenhan. Dia meminta agar koin itu simpan baik-baik.

"Nih saya kasih kenang-kenangan nih, simpan nanti. Nanti kalau kamu besar, kau ingat ya Menteri Pertahanan pernah datang ke sini," ujar Prabowo.

Belum lama meninggalkan lokasi anak-anak itu, Prabowo malah dihampiri oleh beberapa santriwati. Mereka mengajak Prabowo berswa foto. Ajakan itu pun disambut Prabowo.

Pengasuh Ponpes Miftahul Huda Asep Ahmad Maoshul Affandy menerangkan, kehadiran Prabowo Subianto untuk memberi makan kepada 7 ribu orang santri sekaligus meminta doa.

"Iya doa maksudnya dikabulkan," ujar Asep. Prabowo mengawali kunjungan dengan menemui pimpinan dan pengasuh Ponpes diantaranya Asep Ahmad Maoshul Affandy dan Uu Ruzhanul Ulum.

Pertemuan yang digelar secara tutup berlangsung selama 15 menit diakhiri dengan foto bersama.

 

4 dari 6 halaman

3. Akui Banyak Dapat Petuah dari Kiai di Pesantren Tasikmalaya

Prabowo Subianto, mengaku mendapat banyak petuah dari beberapa kiai saat berkunjung ke Pondok Pesantren di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ketua Dewan Pembina Pondok Pesantren Cipasung, KH Koko Komarudin Ruhiat salah satu yang memberikan nasihat kepada Prabowo.

"Tadi di Pesantren Miftahul Huda, sekarang di Ponpes Cipasung. Kita diterima dengan baik, nasihat-nasihat beliau," kata Prabowo Subianto di Ponpes Cipasung.

Kiai Koko Komarudin mendoakan Prabowo menjadi presiden berikutnya setelah masa kepempimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir.

Kepada Prabowo, KH Koko Komarudin berpesan agar Prabowo menjalankan amanat rakyat dengan sebaik-baiknya jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024.

KH Koko Komarudin juga meminta Prabowo menjalankan tugas sebagai presiden dengan tegas, arif, bijaksana, senantiasa membela rakyat Indonesia dan umat.

"Diberikan harapan-harapan kalau nanti insyaallah diberikan mandat oleh rakyat agar jadi panutan, bekerja untuk bangsa, untuk rakyat ke depan dengan sebaik-baiknya. Lebih arif dan bijaksana," ujar Prabowo.

Prabowo mengakhiri kampanye di Tasikmalaya dengan mendatangi Pondok Pesantren Cipasung. Dia hadir bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY; Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani; Ketua TKD Jawa Barat Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil.

"Saya datang untuk sowan, mengucapkan terima kasih atas dukungan selama ini yang tidak pernah putus juga untuk minta doa. Saya minta saran, petunjuk tadi oleh Ketua Pembina Kiai haji Komarudin," ujar Prabowo.

Prabowo mengucapkan terima kasih telah diterima dengan hangat meski kunjungannya terbilang singkat. "Tapi sangat berarti bagi saya," ujar dia

Prabowo berjanji bila diberi mandat akan bekerja keras untuk berbakti sebaik-baiknya, sejujur-jujurnya, sebersih-bersihnya untuk kepentingan negara dan juga rakyat Indonesia.

"Dan juga menjaga agama kita bisa lestari dan bisa aman untuk selamanya. Saya kira itu yang ingin saya sampaikan," ujar Prabowo.

 

5 dari 6 halaman

4. Tegaskan Tidak Boleh Lagi Ada Rakyat Susah Dapat Kerja dan Diupah Murah

Prabowo Subianto berkomitmen memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat Indonesia bila terpilih menjadi Presiden RI periode 2024–2029.

Hal itu disampaikan Prabowo saat memberi sambutan di acara Konsolidasi Tokoh Agama Masyarakat (Togamas). Acara tersebut digelar di Lapangan Primajasa Exhibition Center, Tasikmalaya.

Prabowo bertekad menghilangkan kemiskinan Indonesia.

"Tidak boleh ada orang miskin lagi di Indonesia," ujar dia.

Prabowo kemudian menyoroti asupan gizi untuk anak-anak Indonesia, pengangguran, hingga urusan gaji pekerja di Indonesia.

"Tidak boleh ada anak-anak yang susah minum susu di indonesia, tidak boleh ada pemuda-pemudi yang susah mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Dan anak-anak Indonesia tidak boleh lagi dapat upah murah, upah murah, upah murah," ujar dia.

"Itu tekad Koalisi Indonesia Maju. Itu tekad Prabowo-Gibran dan semua tim Prabowo-Gibran," sambung dia.

 

6 dari 6 halaman

5. Ajak Relawan Sosialisasikan Program Prabowo-Gibran

Prabowo mengatakan, ia ingin Indonesia bisa memproduksi mobil, sepeda motor, hingga pesawat terbang, bukan hanya membeli.

"Dan pabrik-pabriknya harus di Indonesia, insinyur-insinyurnya harus di Indonesia," ujar dia.

Karena itu, Prabowo mengatakan, masyarakat ikut bertanggung jawab menentukkan masa depan bangsa. Dia pun mengajak relawan dan pendukung mensosialisasikan program-progam Prabowo-Gibran ke masyakarat luas demi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang bermartabat.

"Rakyatnya semua menikmati kekayaan bangsa Indonesia. Kita hilangkan korupsi dari bumi Indonesia. Pemilu tanggal 14 Februari 2024. Kurang lebih 73 hari lagi kita semua akan menentukan masa depan Indonesia," ujar dia.

"Sekarang kita berada di suatu titik yang sangat menjanjikan, titik penuh harapan, titik penuh optimisme. Kita mampu untuk membawa bangsa kita menjadi bangsa yang hebat, bangsa yang makmur," kata Prabowo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.