Sukses

Ulama Banten Abuya Muhtadi Jadi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud

Ulama karismatik asal Banten, KH Ahmad Muhtadi Dimyathi atau Abuya Muhtadi resmi menjadi salah satu dewan penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu (3/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ulama karismatik asal Banten, KH Ahmad Muhtadi Dimyathi atau Abuya Muhtadi resmi menjadi salah satu dewan penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu (3/12/2023).

Hal itu diungkapkan oleh Dewan Penasihat Yenny Wahid usai keduanya bertemu di markas TPN Ganjar-Mahfud, Gedung High End, Jakarta Pusat. Turut hadir juga Wakil Ketua TPN Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

"Abuya Muhtadi sudah menyatakan bersedia untuk duduk menjadi salah satu, menjadi Dewan Penasihat," kata Yenny kepada wartawan.

"Jadi, Beliau berkenan untuk menemani kami kami semua yang sedang berjuang mengiringi kita semua dengan petuah-petuahnya dan tentunya diiringi dengan doa. Dan pastinya di sini ada murid-murid Beliau, yang siap bergerak memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Abuya Muhtadi mengaku belum memiliki pesan yang akan disampaikan kepada Ganjar-Mahfud. Namun, ia memastikan bahwa dirinya siap sebagai Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud.

"Ya kita amankan negara, NKRI diperkuat. Jangan ada cekcok, jangan ada apa-apa karena kasihan semuanya butuh makan. Kalau ada cekcok, makan juga enggak enak, apalagi enggak pakai lauk," ujar Abuya Muhtadi.

Sebelumnya, Yenny mengungkapkan bahwa kedatangan ulama Banten itu merupakan bentuk resmi pemberian dukungan terhadap Ganjar-Mahfud.

"Hari ini Beliau menyampaikan secara langsung yang tentunya memberi semangat besar bagi kami, menjadi sebuah kekuatan besar bagi kami di tim pemenangan Ganjar-Mahfud," kata Yenny Wahid.

Mulanya, dukungan Abuya Muhtadi kepada Ganjar-Mahfud sudah disampaikan melalui deklarasi bersama Dewan Pimpinan Pusat Majelis Muzakarah Muhtadi Cidahu, Banten (M3CB) di Majelis Cidahu, Desa Tanagara, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (28/11).

"Seperti kita sama-sama tahu bahwa Abuya Muhtadi Beliau sendiri adalah rais aam dari Majelis Muzakarah Muhtadi Cidahu Banten itu M3CB. Jadi ada sebuah majelis isinya para ulama, para kiai-kiai se-Banten gitu ya dan sudah menyatakan deklarasi dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud," ujar Yenny Wahid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Didukung Abuya Muhtadi, TPN Optimis Ganjar-Mahfud Menang di Banten

Dengan bertambahnya dukungan dari Abuya Muhtadi, Yenny Wahid yakin Ganjar-Mahfud Md bisa memenangkan suara di Banten.

"Sekarang kami optimis bahwa di Banten kami bisa meraih banyak suara marena dulu di Banten kita proyesikan memang kita agak lemah," kata Yenny Wahid.

"Sekarang TPN jauh lebih optimis karena ada kehadiran Abuya Muhtadi bersama seluruh murid-murid beliau dan seluruh jaringan yang beliau pimpin," imbuh Yenny.

3 dari 4 halaman

Abuya Muhtadi Bantah Dukung Prabowo-Gibran

Ulama karismatik asal Banten, KH Ahmad Muhtadi Dimyati atau Abuya Muhtadi membantah mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Ia menjelaskan, Prabowo bertemu denganya hanya untuk meminta doa dan bukan meminta memberi dukungan.

"Oh enggak, tidak ada. Itu mah cuma main aja. Enggak. Cuma tadi Pak Prabowo dari rumah minta doanya. Bukan minta dukungannya," kata Abuya Muhtadi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Minggu (3/11/2023).

Abuya Muhtadi pun menegaskan bahwa ia memberi dukungan penuh kepada pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam kontestasi politik tahun depan.

"Iya itu tadi Pak Prabowo datang ke rumah memang dia minta doanya, bukan minta dukungannya. Sebelumnya saya menyatakan bahwa saya itu Pak Ganjar-Mahfud. Kenapa? Pak Mahfud itu kawan saya di PKB. Ya PKB dulu," ujar Abuya Muhtadi.

"Dan nyatu sekali saya dengan Pak Mahfud. Ya terima kasih Pak Mahfud tampil, karena menurut dia tahun ini nih yang harus jadi wapres saya (Mahfud)," sambung Abuya Muhtadi.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh narasi lain yang menyatakan dirinya mendukung pasangan calon lain selain Ganjar-Mahfud.

"Pasangan Ganjar Mahfud. Iya itu. Kalau ada cerita macam-macam jangan didengarlah. Main-main anak tua itu mah," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Viral Video Abuya Muhtadi Beri Dukungan untuk Gibran

Diberitakan sebelumnya, beredar video yang menunjukkan bahwa Abuya Muhtadi menyatakan dukungan terhadap putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya memberikan dukungan, Abuya Muhtadi juga meminta seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke ikut mendukung cawapres nomor urut dua tersebut.

"Saya KH Ahmad Muhtadi Dimyati dari Pandeglang Banten mengimbau kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk Mas Gibran, silakan. Saya ikut membantu dan ikut mendukung," kata Abuya Muhtadi dalam video yang beredar.

Selain itu, ulama Banten tersebut juga mengajak dan berharap semua elemen masyarakat untuk membantu putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi pesta demokrasi ini.

"Mangga (silakan), masyarakat dari Sabang sampai Merauke Mas Gibran mohon dibantu dari semua elemen, semua masyarakat saya mengharapkan sekali," ujarnya.

Video dukungan berdurasi 48 detik ini beredar sebelum calon Presiden RI Prabowo Subianto dijadwalkan melakukan kampanye ke Banten, Minggu (3/12/2023).

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.