Sukses

Bantah Dukung Prabowo-Gibran, Abuya Muhtadi Mantap Pilih Ganjar-Mahfud

Ulama karismatik asal Banten, KH Ahmad Muhtadi Dimyathi atau Abuya Muhtadi membantah mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ulama karismatik asal Banten, KH Ahmad Muhtadi Dimyathi atau Abuya Muhtadi membantah mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Ia menjelaskan, Prabowo bertemu dengannya hanya untuk meminta doa dan bukan meminta memberi dukungan.

"Oh enggak, tidak ada. Itu mah cuma main aja. Enggak (beri dukungan Prabowo-Gibran). Cuma tadi Pak Prabowo dari rumah minta doanya. Bukan minta dukungannya," kata Abuya Muhtadi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Minggu (3/11/2023).

Abuya Muhtadi pun menegaskan bahwa ia memberi dukungan penuh kepada pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam kontestasi politik tahun depan.

"Iya itu tadi Pak Prabowo datang ke rumah memang dia minta doanya, bukan minta dukungannya. Sebelumnya saya menyatakan bahwa saya itu Pak Ganjar-Mahfud. Kenapa? Pak Mahfud itu kawan saya di PKB. Ya PKB dulu," ujar Abuya Muhtadi.

"Dan nyatu sekali saya dengan Pak Mahfud. Ya terima kasih Pak Mahfud tampil, karena menurut dia tahun ini nih yang harus jadi wapres saya (Mahfud)," sambung Abuya Muhtadi.

Maka dari itu, ia meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh narasi lain yang menyatakan dirinya mendukung pasangan calon lain selain Ganjar-Mahfud.

"Pasangan Ganjar-Mahfud. Iya itu. Kalau ada cerita macam-macam jangan didengarlah. Main-main anak tua itu mah," ucap Abuya Muhtadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Sowan ke Abuya Muhtadi

Prabowo Subianto diminta untuk menjaga dan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila bila terpilih menjadi presiden masa bakti 2024-2029.

Pesan itu disampaikan oleh KH Abuya Muhtadi Dimyathi kepada Prabowo saat berkunjung ke kediaman Abuya Muhtadi. Prabowo bersama rombongannya melakukan kampanye terbuka di Provinsi Banten, Minggu (3/12/2023). Dalam lawatannya ke Banten, Prabowo berkunjung ke kediaman Abuya Muhtadi dan Abuya Murtadho.

"Beliau titip (pesan) pancasila harus ditegakan, utamakan kepentingan rakyat, dan bangsa," kata Prabowo di lokasi, Minggu siang.

Prabowo mengatakan, kedua ulama kharismatik Banten itu sangat peduli terhadap bangsa dan negara. Pujian itu diucapkan Prabowo karena mengaku sudah mengenal dekat dengan sosok mereka berdua. Kepada Prabowo, mereka juga memberikan wejangan dan nasihat.

"Dan selalu sangat peduli terhadap NKRI, keutuhan bangsa, persatuan," ucap dia.

Kunjungan Prabowo ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi menyedot perhatian. Simpatisan dan relawan penuhi ruas jalan menuju ke kediaman KH Abuya Muhtadi Dimyathi.

Nama-nama Prabowo Subianto tak henti-henti terdengar sejak pertemuan berlangsung hingga berakhir.

"Prabowo bapak gemoy, Prabowo Bapak Gemoy," teriak massa.

3 dari 4 halaman

Pesan Abuya Muhtadi untuk Ganjar

Calon presiden Ganjar Pranowo mendapatkan nasihat dari Abuya KH. Ahmad Muhtadi bin Dimyathi al-Bantani atau akrab disapa Abuya Muhtadi saat bersilaturahmi ke kediaman Abuya Muhtadi di Pondok Pesantren Roudatul Ulum, Kampung Cidahu, Dusun Tanagara, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Prov. Banten, Senin (13/11/2023).

Pesan Abuya Muhtadi agar Ganjar selalu konsisten untuk menebar kebaikan kepada masyarakat Indonesia.

"Ya mendapatkan nasihat-nasihat dari orang tua tentang kebaikan dan kesabaran," ungkap Ganjar Pranowo.

Menurut Ganjar, Abuya Muhtadi berpesan tentang persatuan dan meminta agar tidak ada perpecahan di tengah situasi sosial dan politik saat ini, terutama dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Ya semua merasakan bahwa semua kondisi ini perlu disikapi dengan ketenangan, jangan sampai menimbulkan perpecahan, (itu nasihat beliau)," tutur Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga mendapatkan dukungan dari Abuya Muhadi agar menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

"(Kami) Bersilaturahmi. Abuya (Muhtadi) mendoakan, dan beliau insyaallah memberikan dukungan dengan seluruh jaringan thoriqohnya," ucap Ganjar.

4 dari 4 halaman

Viral Video Abuya Muhtadi Beri Dukungan untuk Gibran

Diberitakan sebelumnya, beredar video yang menunjukkan bahwa Abuya Muhtadi menyatakan dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya memberikan dukungan, Abuya Muhtadi juga meminta seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke ikut mendukung cawapres nomor urut dua tersebut.

"Saya KH Ahmad Muhtadi Dimyati dari Pandeglang Banten mengimbau kepada masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk Mas Gibran, silakan. Saya ikut membantu dan ikut mendukung," kata Abuya Muhtadi dalam video yang beredar.

Selain itu, Abuya Muhtadi juga mengajak dan berharap semua elemen masyarakat untuk membantu putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi pesta demokrasi ini.

"Mangga (silakan), masyarakat dari Sabang sampai Merauke Mas Gibran mohon dibantu dari semua elemen, semua masyarakat saya mengharapkan sekali," ujarnya.

Video dukungan berdurasi 48 detik ini beredar sebelum Calon Presiden RI Prabowo Subianto dijadwalkan melakukan kampanye ke Banten, Minggu (3/12/2023).

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.