Sukses

Mahfud Md Ajak Jaga Kerukunan Saat Terima Dukungan Masyarakat Tionghoa Kalbar

Mahfud Md menerima bentuk dukungan dari masyarakat Tionghoa, sekaligus mengajak warga untuk menjaga kerukunan dalam Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md berkunjung ke sejumlah titik di Kalimantan Barat (Kalbar). Mahfud Md pun menerima bentuk dukungan dari masyarakat Tionghoa, sekaligus mengajak warga untuk menjaga kerukunan dalam Pilpres 2024.

Mahfud Md tiba di Bandara Supadio, Pontianak, didampingi sang istri, Zaizatun Nihayati dan rombongan, salah satunya penceramah kondang Gus Muwaffiq. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini disambut oleh tokoh nasional asal Kalbar yang juga Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan istrinya, Serviati Oesman, serta para kader Partai Hanura.

Mahfud disambut dengan tarian adat multietnis dan dikalungi selendang adat. Usai prosesi penyambutan, dia bersama OSO dan rombongan menuju ke Rumah Hakka Kalbar di Kubu Raya untuk menghadiri silaturahmi dengan masyarakat Tionghoa di Kalimantan Barat.

Mahfud dan OSO serta rombongan lamtas disambut dengan kesenian barongsai. Ketua Perkumpulan Hakka Indonesia Kalimantan Barat, Bong Kian Min alias Mulyadi bersama warga tampak bersemangat dan antusias menerima kunjungan tokoh nasional itu.

Pada kesempatan itu, perkumpulan Hakka Indonesia Kalbar turut mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan paslon capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024.

Mahfud menyatakan, meski ada deklarasi dukungan untuknya, namun kedatangannya tidak untuk berkampanye politik elektoral.

“Ini acara silaturahim bersama masyarakat di Pontianak, kemudian bertemu dengan aktor-aktor politik. Bukan kampanye, tetapi aspirasi masyarakat kita dengar," tutur Mahfud dalam siaran pers yang diterima, Minggu (26/11/2023).

Menurut dia, dirinya memilih melakukan kampanye tingkat tinggi, yaitu mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kerukunan di setiap elemen bangsa. Hal itu disebutnya kampanye yang boleh dilakukan setiap waktu, bukan hanya saat Pemilu 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan-Jalan

Kampanye kebersatuan, Pancasila, dan NKRI itu pun boleh digelorakan di masjid, sekolah, dan lapangan. Namun untuk kampanye elektoral, sambung Mahfud, ada tempat dan waktunya yang telah ditetapkan.

Masih soal persatuan Indonesia, Mahfud menegaskan tidak ada gunanya negara ini maju di bidang ekonomi hingga infrastruktur jika anak bangsanya tidak rukun. Sementara soal deklarasi Hakka Kalbar, dia menghaturkan terima kasih sembari bersyukur dan memegangnya sebagai amanat.

"Jadi sangat optimistis, karena di seluruh Indonesia kami mendapat suara dan dukungan yang sama. Hampir setiap hari ada, karena Indonesia, menghendaki perbaikan di masa depan," jelas dia.

Rencananya, Mahfud akan mengikuti kegiatan jalan sehat bersama OSO dan ribuan masyarakat Kalbar pagi ini.

“Saya datang ke sini justru untuk jalan-jalan sama Pak OSO," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Deklarasi Ganjar-Mahfud dan Rumah Hakka

Ketua Perkumpulan Hakka Indonesia Kalimantan Barat, Bong Kian Min alias Mulyadi juga mengucapkan terima kasih kepada Mahfud, OSO, dan semua yang hadir di Rumah Hakka Kalbar. Hal itu dinilainya menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi masyarakat Tionghoa, terlebih rumah adatnya Hakka digunakan pertama kali untuk mendeklarasikan Ganjar-Mahfud.

Dia lantas mengajak masyarakat, terutama warga Tionghoa, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti.

"Kita gunakan suara untuk memilih di Pemilu 2024. Saya mengharapkan dan menggarisbawahi, jangan sampai golput. Masyarakat Tionghoa tidak usah takut-takut, kita berikan suara kita untuk memajukan negeri ini melalui nomor urut 3 Ganjar-Mahfud," ungkapnya.

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang menambahkan, dukungan untuk Ganjar-Mahfud sangat besar di Kalbar.

 

4 dari 4 halaman

Juga Silaturahmi ke Tokoh Agama dan Adat Madura di Kalbar

“Kalbar luar biasa, Anda lihat tadi. Saya nggak suruh mereka, teriak, mereka sendiri yang teriak dukungan. Artinya Ganjar-Mahfud orang yang pantas jadi pemimpin bangsa," ujar OSO.

OSO meyakini, masyarakat Tionghoa Kalbar akan memutuskan yang terbaik berdasarkan ketulusan dan hati nurani. Suara mereka dinilai sangat berpengaruh besar meski hanya 15 persen di Pontianak.

“Dia hanya 15 persen tapi jangan lupa, dia punya pegawai dia punya buruh, bisa sampai 40 persen," OSO menandaskan.

Usai menghadiri deklarasi Perkumpulan Hakka Indonesia Kalbar, Mahfud juga bersilaturahmi dengan tokoh agama dan adat Madura Kalbar di Rumah Budaya Madura.

Setelahnya, dia menggelar pertemuan dengan tokoh multietnis Kalbar di Hotel Mahkota dan mengikuti jalan sehat bersama ribuan kader Partai Hanura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.