Sukses

KPU Ingatkan untuk Tidak Libatkan Anak Dalam Kampanye Pemilu 2024

Sekretaris Jenderal KPU Plt Kepala Biro Perundang-undangan, Andi Krisna mengatakan, tidak ada pelibatan anak dalam proses kampanye Pemilu 2024. 

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal KPU Plt Kepala Biro Perundang-undangan, Andi Krisna mengatakan, tidak ada pelibatan anak dalam proses kampanye Pemilu 2024

"Tidak melibatkan anak dalam proses kampanye," kata dia dalam acara Deklarasi dan Diseminasi yang diselenggarakan di Hotel Discovery, Ancol, Senin (20/11/2023). 

Andi pun mengingatkan, meski pihaknya sudah memberi himbauan, itu kembali lagi tergantung pada partai politiknya.

"Tergantung pengelolaan dari partai politiknya sendiri, namun penyelenggara secara tegas tidak melibatkan anak," tutur Andi. 

Andi juga menyampaikan jika pada 27 November 2023 akan terdapat kampanye damai dan ramah anak. 

 "Pada 27 November akan ada kampanye damai dalam kampanye tersebut dan ramah anak," ujar dia.

Di sisi lain, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Perlindungan Khusus Anak

Muhammad Ihsan mengungkapkan, kita harus melindungi anak dari ancaman yang berada saat kampanye berlangsung. 

"Dasarnya melindungi anak dari berbagai ancaman yang timbul saat kampanye. Anak terlindungi ujaran-ujaran dari kampanye yang tidak seharusnya di dengar," ungkap Muhammad. 

Menurut dia, anak juga tidak harus berinteraksi secara langsung dengan kegiatan kampanye yang sedang berlangsung.

Lalu, di area kampanye juga harus menyediakan area untuk bermain anak agar anak tidak terlibat dengan kegiatan tersebut. 

"Anak tidak langsung berinteraksi dengan kegiatan kampanye. Tidak jauh dari area kampanye harus disediakan area untuk anak," tutur ihsan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada SOP

Ihsan mengatakan bahwa terdapat SOP dalam perlindungan untuk melakukan perlindungan anak yang berada di dalam Pemilu

"Terdapat sop untuk perlindungan anak dalam kampanye. Masyarakat juga dapat melaporkan ketika terdapat proses penyelenggaraan saat pemilu," ungkap dia.

3 dari 3 halaman

KPU Siapkan Logistik Pemilu 2024, 1,2 Miliar Surat Suara Mulai Dipesan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai menyiapkan logistik untuk Pemilu 2024, termasuk memesan 1,2 miliar surat suara. Miliaran lembar surat suara itu meliputi surat suara pemilihan presiden, pemilihan anggota legislatif DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Sudah, hari ini mulai click untuk e-katalog nasionalnya. Di antaranya seluruh lima jenis surat suara, kan pasca penetapan DCT itu kan," kata Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPURI, Yulianto Sudrajat di kantor KPU, Kamis 16 November 2023.

Selain surat suara, kata Yulianto, pihaknya juga mulai menyiapkan lembar formulir, lembar sampul, lembar daftar lengkap calon, surat suara cadangan, hingga lembar alat bantu bagi pemilih tuna netra.

"(Tahap pertama) sudah mulai September 2023 kemarin kan. Sekarang sudah terkirim ke kabupaten/kota, sudah jalan simultan sampai nanti target kami 21 November sudah bisa sampai ke gudang-gudang seluruh KPU kabupaten/kota," tutur Yulianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini