Sukses

Survei Indikator: Basis Pendukung Ganjar Beralih ke Prabowo-Gibran

Peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan bahwa pada awal Oktober 2023, dukungan untuk Ganjar-Mahfud mencapai 34,8 persen, namun berdasarkan temuan terbaru terjadi penurunan hingga 30 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan hasil survei lembaganya menemukan bahwa basis pendukung Ganjar Pranowo beralih dukungan ke Prabowo Subianto ketika mengetahui Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres).

"Basis Ganjar tampak beralih ke Prabowo pada kelompok yang tahu Gibran menjadi bacawapres pendamping Prabowo," kata Burhanuddin saat merilis hasil survei bertajuk "Efek Gibran dan Dinamika Elektoral Terkini" yang dipantau secara virtual di Jakarta, Minggu (21/11/2023).

Dia menjelaskan bahwa pada awal Oktober 2023, dukungan untuk Ganjar-Mahfud mencapai 34,8 persen, namun berdasarkan temuan terbaru terjadi penurunan hingga 30 persen.

Kondisi itu menurut dia justru terbalik untuk dukungan untuk Prabowo-Gibran yang semakin menguat, yaitu semula 36,7 persen pada awal Oktober 2023 menjadi 41,7 persen.

Di sisi lain, Indikator juga memotret tingginya pengetahuan publik terkait pemilihan Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo. Menurut Burhanuddin, pada awal Oktober angkanya mencapai 54,6 persen, memasuki awal November menjadi 71,4 persen.

Tingginya pengetahuan publik berdampak pada dukungan untuk Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo. Jika pada awal Oktober baru berada di angka 51,2 persen, pada awal November menjadi 61,6 persen.

"Dukungan terhadap Gibran sebagai calon wakil presiden dari Prabowo meningkat pesat. Awal November ini dukungannya mencapai 61,6 persen,” ujar Burhanuddin seperti dilansir dari Antara.

Survei Indikator dilakukan pada 27 Oktober-1 November 2023 dengan melibatkan sebanyak 1.220 responden yang diwawancara melalui wawancara tatap muka. Tingkat kepercayaan survei tersebut mencapai 95 persen dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Bakal Pasangan Capres-Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

​​​​​​​Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

3 dari 3 halaman

Gibran Optimistis Menang Satu Putaran Bareng Prabowo di Pilpres 2024 saat Konsolidasi ke Palembang

Bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka melakukan konsolidasi ke Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Di hadapan ribuan pendukungnya, Gibran mengatakan bahwa dirinya bersama bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto atau pasangan Prabowo-Gibran optimistis menang satu putaran pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri ribuan warga Palembang serta tim pemenangan Prabowo-Gibran, dilaksanakan di Dinning hall Jakabaring Sport City Kota Palembang, Minggu (12/11/2023).

Gibran pun meminta kepada semua pendukung untuk tidak menanggapi serangan nyinyiran serta fitnah yang dituduhkan kepadanya.

"Diamkan saja, senyumin saja ya, tidak perlu ditanggapi dan dikomentari ataupun klarifikasi semua nyinyiran itu," ujar Gibran saat konsolidasi di Palembang, melansir Antara, Minggu (12/11/2023).

Kemudian, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga meminta kepada semua tim untuk lebih banyak bekerja dari pada menanggapi hal yang negatif kepada pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 mendatang.

"Kita perbanyak bekerja saja dan lebih banyak diam. Kalau ada serangan komentar negatif tidak usah ditanggapi ataupun dikomentari," ucap Gibran.

Dia meminta kepada semua tim pemenangan dan pendukungnya untuk tidak menjelekkan pasangan capres-cawapres lain dan fokus pada upaya pemenangan Prabowo-Gibran. "Ya punya komunitas silahkan disebarkan virus positif saja," jelas Gibran.

Berdasarkan pantauan di lapangan, kunjungan konsolidasi Gibran tersebut disambut dengan antusias oleh pendukungnya di Palembang.

Setibanya di Bandara Internasional SMB II Palembang, Gibran langsung menuju Jakabaring Sport City Palembang dengan menggunakan light rail transit (LRT). Kemudian melanjutkan kegiatan di salah satu mall di Palembang.

Selain itu, Gibran juga menyempatkan mengunjungi salah satu pasar tradisional di Kota Palembang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.