Sukses

Ziarah ke Makam Proklamator, Ganjar Doa Agar Negara Ini Berjalan Sesuai Konstitusi

Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud Md diajak oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri berziarah ke Makam Presiden Sukarno (Bung Karno) Blitar Jawa Timur, Jumat (3/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (capres) Ganjar Pranowo mengatakan dirinya dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md diajak oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berziarah ke Makam Presiden Sukarno (Bung Karno) Blitar Jawa Timur, Jumat (3/11/2023). Di depan makam Bung Karno, Ganjar berdoa agar Indonesia berjalan sesuai dengan konstitusi.

"Kita bareng-bareng di sana berdoa, mendoakan Bung Karno agar negara ini lebih baik, agar negara ini berjalan sesuai dengan konstitusi, sesuai dengan cita-cita para pendiri," kata Ganjar Pranowo di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (3/11/2023).

"Dan kita mendoakan Bung Karno dan tentu refleksi bagi kita semua agar kemudian semua berjalan dengan baik," sambung dia.

Dia mengakui ziarah ke makam Bung Karno juga terkait Pilpres 2024. Ganjar menegaskan PDI Perjuangam tak bisa dipecah belas oleh siapapun.

"Kita mesti meneguhkan, sebagai partai kita mestu bersatu dan kuat. Enggak bisa dipecah oleh siapapun. Dan barang siapa memecah partai ini anda berlawanan dengan banteng," tegas Ganjar.

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan ziarah ke makam proklamator sekaligus Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno, di Blitar, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023).

Menurut Ganjar, ziarah bersama ini telah direncanakan jauh-juah hari dan hari ini bisa terlaksana dengan baik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Sukarno di Mata Ganjar

"Kita hari ini nyekar. Kita hari ini ziarah bersama Bu Mega dan Pak Mahfud. Tentu kita mendoakan mudah-mudahan Bung Karno disana diterima (amal ibadahnya), dan kita selalu mendapatkan inspirasinya," kata Ganjar seusai ziarah dilakukan.

Ganjar menilai sosok Sukarno sebagai figur yang konsisten membela rakyat kecil. Menurut Ganjar, teladan Sukarno akan diikutinya dengan baik.

"Semangat mandiri, berjuang, bela wong cilik dan konsisten. Itu yang harus dilakukan," tegas Ganjar.

Ganjar berziarah didampingi istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti dan anaknya, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Mahfud juga didampingi istrinya, Zaizatun Nihayati dan keluarga.

Mereka berziarah bersama dengan Ketua Umum PDIP, sekaligus anak Sukarno, Megawati Soekarnoputri. Turut mendampingi, Prananda Prabowo dan Puan Maharani dan sejumlah pengurus DPP PDIP.

 

3 dari 3 halaman

Ribuan Warga Antusias

Rombongan Ganjar dan Mahfud tiba sekitar pukul 14.40 WIB. Ganjar berserta rombongan selesai berziarah sekitar pukul 16.10 WIB. Mereka sempat Salat Ashar bersama.

Ribuan warga menyambut baik dan antusias rombongan Ganjar dari mulai datang hingga selesai. Mereka berswafoto dan berteriak Ganjar jadi presiden hingga mendoakan Ganjar menjadi Presiden periode 2024-2029.

Hadir pengurus DPP PDIP di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP seperti Ahmad Basarah, Djarot Saiful Hidayat, Eriko Sotarduga hingga Yasonna Hamonangan Laoly.

Kemudian Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul hingga pengurus DPD PDIP lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini