Sukses

Erick Thohir Buat SKCK, Maju Jadi Cawapres?

Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan telah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Hal itu dibenarkan pihak Mabes Polri.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir dikabarkan telah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Hal itu dibenarkan pihak Mabes Polri.

“Yang ngambil stafnya. Kemarin, sama stafnya,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

Meski demikian, pihak kepolisan tak menjelaskan secara rinci apa keperluan Ketua Umum PSSI itu membuat SKCK. Tapi diketahui, surat tersebut menjadi salah satu syarat adminitrasi seseorang untuk maju sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Diketahui, Erick Thohir menjadi salah satu kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

Sebelumnya,, Erick Thohir melalui akun IG @erickthohir mengunggah fotonya bersama Prabowo. Hal itu disambut dengan komentar dari netizen.

Netizen menganggap pasangan Prabowo-Erick Thohir bisa mendinginkan panasnya suasana politik.

Dalam akun tersebut, Erick Thohir mengunggah foto dirinya bersama dengan Prabowo Subianto, yang disertai dengan caption "Selamat ulang tahun, Pak @Prabowo. Terus bekerja dan berkarya untuk Indonesia".

Unggahan Erick Thohir ini sebenarnya merupakan ucapan selamat untuk Prabowo Subianto yang merayakan ulang tahunnya yang jatuh pada 17 Oktober. Namun netizen menanggapinya dengan sangat beragama. Salah satunya mengomentari dengan pernyataan ‘Adem’.

Pernyataan ‘Adem’ ini bisa jadi merujuk pada situasi ‘panas' yang terjadi pascaputusan MK. Komentar ‘adem’ dari netizen di unggahan foto Prabowo-Erick dianggap mendinginkan suasana yang sedang memanas.

Selain ‘adem’ sejumlah netizen juga mengomentari unggahan itu, dengan menyebut Prabowo-Erick Thohir sebagai pasangan yang cocok. Seperti komentar @ekha8915: Cocoklah, @my_kinan: RI 1&RI 2 2024-2029, @solehhasan: Cocok!, dan sebagainya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kinerja Teruji

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur calon wakil presiden (cawapres) yang paling diharapkan masyatakat dapat maju pada Pilpres 2024. Erick Thohir makin disukai masyarakat karena kinerjanya sudah teruji.

Merujuk pada hasil survei Poltracking Indonesia periode 3 - 9 September 2023. Tercatat Erick Thohirberhasil mendapatkan elektabilitas tinggi dengan perolehan angka sebesar 19,0 persen.

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (Spin) Igor Dirgantara mengatakan, Erick Thohir telah berhasil menghadirkan kinerja yang membuat kehidupan masyarakat jadi lebih baik. Termasuk mampu mendongkrak sektor ekonomi.

"Kinerja Erick Thohir di BUMN telah menunjukkan hasil yang baik sebagai pemimpin," kata Igor, Selasa (17/10/2023).

Lebih dari itu, dia menyebut, kinerja gemilang Erick Thohir menciptakan dampak positif besar secara elektoral. Sosoknya makin disukai lantaran miliki banyak prestasi dalam roda Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Imbasnya kian memantik dorongan kuat maju cawapres karena punya kinerja sangat hebat terutama dalam menuntaskan berbagai tugas besar dari Jokowi. Karenanya tidak heran Erick Thohir cawapres favorit bagi semua kalangan.

"Hal itu membuatnya diharapkan masyarakat," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Sejumlah Keberhasilan

Sejumlah keberhasilan besar berhasil diraih Erick Thohir, seperti peningkatan laba BUMN yang melonjak hingga RP303,7 triliun.

Lebih dari itu BUMN juga sukses meningkatkan deviden negara hingga RP 80 triliun.

Erick Thohir juga berhasil membongkar kasus korupsi besar. Lewat gebrakan Bersih-bersih BUMNErick berhasil membongkar kasus korupsi besar seperti Asabri, Jiwasraya, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast sampai dengan Pelindo.

4 dari 4 halaman

Dapat Dukungan Publik

Guru Besar FISIP Universitas Airlangga, Prof Dr Hotman Siahaan menilai, Menteri BUMN Erick Thohir didukung publik untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal itu disebabkan sosok Erick Thohir yang memang pekerja keras dalam berbagai bidang.

"Erick Thohir memang banyak didukung oleh publik untuk menjadi Cawapres Prabowo Subianto," kata Prof Hotman dalam keterangannya, Minggu (15/10/2023).

Dalam rilis survei SPIN periode Oktober 2023 dalam simulasi pasangan yang cocok untuk Prabowo Subianto terdapat enam nama kandidat mencuat.

Dalam pantauan, terlihat nama Erick Thohir berada di posisi pertama dengan hasil 25,7 persen mengalahkan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka 23,1 persen, dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 19,1 persen.

Menurutnya, jika Prabowo berpasangan dengan Erick Thohir ini bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat. Seperti halnya pemberantasan kemiskinan menggalakkan program-program kepada rakyat untuk meningkatkan taraf hidup. 

Selain itu dalam upaya untuk memajukan Tanah Air, pasangan Prabowo - Erick ini sangat fokus pada pembangunan infrastruktur. Seperti Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah yang sangat mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan peluang baru bagi masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini