Sukses

Cawapres Ganjar Pranowo Akan Diumumkan di Rakernas IV PDIP?

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, merespon soal waktu pihaknya mendeklarasikan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat, merespon soal waktu pihaknya mendeklarasikan bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Dia mengatakan, kemungkinan diumumkan setelah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendeklarasikan cawapresnya.

"Baiknya begitu (Nunggu Prabowo). Memang sebaiknya begitu, tenang saja. Kita tunggu dulu lah, karena begini. Apakah Anda yakin bahwa, tiga poros ini semuanya bisa jalan, daftar di KPU? (Pendaftaran) tanggal 19-25 Oktober ya kan, masih ada dinamika, lho ini ya kan?," kata Djarot di DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Saat ditanya apakah, ada kemungkinan PDI Perjuangan akan mendeklarasikan cawapres Ganjar pada momentum Rakernas. Dia pun tak menjawab dengan detail.

Djarot hanya memastikan bahwa pihaknya akan mendaftarkan di KPU pada 19 Oktober 2023.

Diketahui, PDIP akan menggelar Rapar Kerja Nasional (Rakernas) pada 29 September hingga 1 Oktober 2023.

"Makanya nanti hadir aja di Rakernas. Apakah di Rakernas apa setelah Rakernas. Tapi yang jelas tanggal 19 Oktober kita pasti daftar," ujarnya.

Perihal prediksi pada Pilpres 2024 hanya terdapat dua pasangan calon saja. Djarot mengaku setuju, meski saat ini ada tiga capres yang beredar yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Yang lain itu masih dinamis ya. Jadi apa yang disampaikan oleh Pak Burhanuddin (Muhtadi), apa yang disampaikan oleh Pak Jazilul, misalnya gitu ya, itu bisa saja. Maka sebaiknya ya kita tunggu aja," ujar Djarot.

Namun, dia menegaskan bahwa partai politik pengusung Ganjar Pranowo tetap solid hingga pendaftaran capres-cawapres di KPU nanti.

"Yang pasti gitu ya, yang solid, itu PDIP, bersama dengan dengan PPP, Hanura, Perindo ya. Kenapa? Karena kita bisa mendaftar," imbuh dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan Maharani Buka Peluang Ganjar Berpasangan dengan Prabowo

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengaku Ganjar Pranowo berpeluang duet dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Dan apakah ada kemungkinan, ya mungkin-mungkin saja dinamika yang di politik ini selalu memungkinkan kita untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan sesama anak bangsa," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Menurut Puan duet Ganjar dengan Prabowo bisa terjadi dengan adanya kesepakatan untuk yang terbaik bagi bangsa dan negara.

"Untuk bisa menyepakati hal-hal yang akhirnya kami sepakati bersama bahwa ini adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara," kata ketua DPR RI ini.

Namun, Puan tidak menjawab tegas apakah PDIP bersedia apabila Ganjar yang menjadi calon wakil presiden. Menurut Puan, setiap partai perlu melakukan kalkulasi lebih dahulu.

"Ya kita lihat lagi bagaimana dinamikanya selama satu bulan ini, apakah kemudian bisa terjadi atau tidak terjadi, kan semua partai punya kalkulasinya," katanya.

"Kan saya belum jawab masih mau dilihat dulu, iya atau nggak," sambungnya.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini