Sukses

PDIP Pertimbangkan Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan Ridwan Kamil merupakan salah satu kepala daerah yang dinilai sukses memimpin Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mempertimbangkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Menurut 

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan Ridwan Kamil merupakan salah satu kepala daerah yang dinilai sukses memimpin Jawa Barat.

"Jadi sebagai satu kandidat yang masuk dalam pertimbangan-pertimbangan tersebut," kata Ahmad Basarah, saat diwawancarai di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Jakarta, Selasa, (5/9/2023).

Namun, dia menyebut, dinamika politik saat ini masih sangat dinamis. Sehingga, sosok selain Kang Emil pun masih berpeluang menjadi cawapres Ganjar.

Terlebih, kata Basarah, semua sosok potensial tengah dipertimbangkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Saya kira semua bacawapres dipertimbangkan Bu Mega dengan penuh seksama dengan berbagai pertimbangan dan alasan-alasan mengapa tokoh tersebut menjadi pertimbangan," ujarnya.

"Tapi sekali lagi semua posisi bacawapres yang ada baik yang sudh muncul di permukaan publik maupun yang belum sama-sama memiliki peluang yang sama. Karena sekali lagi situasinya masih sangat cair dan dinamis," sambung Basarah.

Lebih lanjut, Basarah menilai tak hanya kepala daerah yang menjadi pertimbangan untuk dijadikan cawapres Ganjar. Namun, dari berbagai elemen seperti tokoh Muhammadiyah hingga tokoh partai politik lainnya berpeluang menjadi pendamping Ganjar.

"Semua tokoh-tokoh baik itu tokoh kepala daerah, partai-partai politik tokoh-tokoh profesional tokoh purn TNI dan tokoh-tokoh dari ormas keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah semuanya memiliki potensi yang sama untuk dipertimbngkan menjadi bacawapresnya Mas Ganjar," tutur dia.

"Saya kalau menilai dari dinamika politik nasional yang berkembang sampai dengan saat ini rasa-rasanya baik Bu Mega maupun ketum-ketum parpol yang lain masih menunggi terlebih dahulu dinamika politik yang berkembang terutama dinamika politik di antara partai-partai politik dan capres-capres yang ada," imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Bertemu Megawati

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil membocorkan isi pertemuannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, pertemuan tersebut untuk membahas soal pembangunan patung Bung Karno di Bandung, Jawa Barat.

"Dengan Bu Mega itu salah satunya kan kita lagi membangun monumen Bung Karno, di mana saya ikut mensupervisi melaporkan bahwa sudah 70 persen monumennya," kata Kang Emil, saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Bukan cuma Megawati, Ridwan Kamil juga mengaku telah bertemu tokoh lainnya seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh hingga bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan.

Namun, Kang Emil menegaskan, bahwa komunikasi yang dilakukan dirinya tidak melulu membahas soal politik.

"Saya itu kan komunikasi dengan semuanya, ada dengan Pak Prabowo, ada dengan Bu Mega, ada dengan Pak Anies, Pak Surya Paloh sebagai pribadi ya, bahwa dalam komunikasi ada hal-hal politik tidak semuanya begitu," ucapnya.

"Jadi komunikasi iya, tapi tidak melulu tentang perpolitikan. Melaporkan pembangunan monumen Soekarno," sambung Kang Emil.

Saat ditanya awak media, kapan bertemu Megawati Soekarnoputri, Kang Emil tidak menjawab secara detail.

"Ya diwaktu-waktu lalu, sudah lama," imbuh dia.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.