Sukses

PAN Sebut Erick Thohir Cawapres Paling Tepat Lanjutkan Keberhasilan Jokowi

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Erick Thohir merupakan figur yang pantas untuk didukung penuh maju sebagai cawapres.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi figur yang terus mendapatkan dukungan kuat untuk dapat diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Kompetensi Erick Thohir sudah sangat mumpuni melanjutkan keberhasilan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, Erick Thohir merupakan figur yang pantas untuk didukung penuh maju sebagai cawapres. Berbagai torehan positif Erick Thohir semakin menguatkannya tarung di Pilpres mendatang.

“PAN masih yakin betul bahwa Erick Thohir ini adalah sosok yang paling tepat dan pas untuk melanjutkan estafet kepemimpinan yang sekarang,” kata Saleh dikutip Kamis (31/8/2023).

Dia menambahkan, menguatnya keterusungan Erick Thohir tentu tidak terlepas dari kinerja mentereng yang ditorehkannya sampai sekarang. Erick Thohir berhasil membuat Kementerian BUMN menjadi lembaga yang mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat.

Tercatat sebagai menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erick Thohir sangat sukses menghadirkan banyak kebermanfaatan semua kalangan masyara. Mulai dari keberhasilan mentransformasi BUMN, memberantas korupsi, dan meningkatkan pendapatan BUMN secara signifikan.

Kegemilangan Erick Thohir memimpin BUMN, semakin membuat kenaikan laba pendapatan kementerian tersebut, yang sangat konsisten hingga mencapai Rp303 triliun pada 2022. Sementara dividen Kementerian BUMN kepada negara menyentuh angka Rp80 triliun.

“Erick Thohir sekarang ada dengan keberhasilan yang tercapai pada dua periode terakhir ini,” ujarnya. Oleh karenanya, lanjut dia, tidak begitu heran melihat perkembangan sosok Erick Thohir yang mendapat perhatian dari berbagai kalangan masyarakat. Kondisi demikian, tambah dia, semakin menguatkan posisi Erick Thohir sebagai cawapres terkuat pada Pilpres 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Miliki Banyak Keunggulan

Menteri BUMN Erick Thohir belakangan ini meraih elektabilitas tertinggi menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pada bursa Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Meidi Kosandi menilai, Erick Thohir memiliki banyak keunggulan untuk menjadi cawapres potensial bagi Indonesia di masa yang akan datang.

"Setidaknya ada dua hal yang menjadi daya tawar menarik Erick Thohir kepada calon presiden (capres) yang akan mengajaknya berpasangan pada Pilpres 2024 mendatang," ujar Meidi melalui keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

Meidi menambahkan, hal pertama yang menjadi daya tawar Erick Thohir adalah kekuatan logistik pada Pilpres mendatang.

"Pertama saya kira dari segi logistik ya karena tentu untuk memenangkan pemilihan di Indonesia yang sangat luas dengan basis pemilih yang bervariasi itu biaya untuk Pemilu tidak sedikit. Saya kira Erick Thohir memiliki pengaruh dalam hal itu yang bisa ditawarkan kepada capres," kata dia.

Meidi juga melihat, Erick Thohir merupakan sosok pemimpin yang memiliki visijelas dan lugas untuk bisa memimpin Indonesia sebagai cawapres potensial. Hal itu menurut Meidi tidak terlepas dari melimpahnya berbagai macam pengalaman yang digenggam Ketua Umum (Ketum) PSSI tersebut.

"Kedua, tentu visi dari Pak Erick Thohir itu saya kira memiliki wawasan yang luas karena terutama pengalaman Erick Thohir bergerak di sektor swasta dan bisnis. Tentu wawasan ekonomi Erick Thohir bisa memperkaya visi dari capres yang ada," ungkap Meidi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini