Sukses

Kerja Nyata Majukan Sepak Bola, Erick Thohir Disebut Sosok Cawapres Unggulan Pilpres 2024

Kerja nyata Erick Thohir untuk dunia olahraga Indonesia khususnya sepak bola dinilai menjadi daya tarik luar biasa bagi para pemilih muda jelang Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja nyata memajukan sepak bola Indonesia, Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir jadi sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) unggulan untuk Pilpres 2024. Direktur Surabaya Survei Center (SSC), Mochtar W. Oetomo mengatakan, hal itu menjadi sebuah keunggulan bagi Erick Thohir jelang Pilpres 2024.

“Sebagai Ketum PSSI, itu jadi keunggulan dan pasti, ya pasti karena kemarin juga laga persahabatan PSSI Argentina sudah jadi magnet yang luar biasa,” kata Mochtar dikutip Rabu (30/8/2023).

Mochtar melanjutkan keberhasilan mengundang tim berkelas internasional yakni Argentina untuk berlaga di Indonesia mampu melambungkan nama Erick Thohir dalam peta kontestasi demokrasi Indonesia. Hal ini memperlihatkan kemampuan Menteri BUMN tersebut yang tidak hanya sebatas dalam lingkup domestik namun internasional.

Selain itu, Mochtar juga melihat kedekatan yang terjalin di antara Erick Thohir, Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi ketika laga Indonesia Vs Argentina. Ia menegaskan, adanya simbol-simbol dari Presiden Jokowi terhadap kedua menteri andalannya di acara tersebut, seakan-akan mantan Gubernur DKI Jakarta itu merestui keduanya untuk menjadi pemimpin Indonesia periode berikutnya.

“Popularitas dan elektabilitas Erick Thohir melesat dengan cepat, apalagi pada saat yang bersamaan kan Pak Jokowi juga bermain simbol kan waktu itu di pertandingan persahabatan itu disampingnya ada Pak Erick Thohir dan Pak Prabowo. Jadi ada satu keunggulan,” ungkap Mochtar.

Kerja nyata yang dilakukan Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu untuk dunia olahraga Indonesia khususnya sepak bola memang menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para pemilih muda jelang Pilpres 2024. Semenjak Erick Thohir menjadi orang nomor satu di PSSI, sudah banyak prestasi yang ditorehkan.

Selain sukses mengundang Argentina ke Indonesia beberapa waktu yang lalu, Erick Thohir juga berhasil membawa Timnas Indonesia menjuarai ajang SEA Games 2023. Tak berhenti sampai disitu, Eks Presiden Inter Milan itu juga berhasil meyakinkan FIFA untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah di ajang bergengsi Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan pada November 2023 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Erick Thohir

Atas kerja nyata yang dilakukan Erick Thohir tersebut, hal itu berimbas kepada tingkat elektabilitasnya pada Pilpres 2024 mendatang. Berdasarkan kepada hasil survei yang diadakan oleh lembaga survei Voxpol Center Research & Consulting periode 24 Juli – 2 Agustus 2023, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu berhasil mendapatkan dukungan tertinggi.

Dari simulasi tiga nama yang Voxpol Center hadirkan, Erick Thohir berhasil mendapatkan dukungan terbesar dengan total 34,3 persen suara. Kemudian diikuti dengan perolehan suara yang didapatkan Agus Harimurti Yudhoyono dengan jumlah 30,3 persen suara, serta Khofifah Indar Parawansa yang hanya mampu meraup suara sebanyak 15,3 persen suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.