Sukses

Goda PKB, PDIP Sebut Tak Akan Kecewa Bila Bekerja Sama

PDI Perjuangan menggoda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membangun bekerja sama mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan menggoda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membangun bekerja sama mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan, PDIP tidak akan mengecewakan PKB apabila bekerjasama di Pemilu 2024.

"Insya Allah Gus Imin tidak pernah kecewa dengan PDIP itu dipastikan," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

PDIP mengakui pendekatan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dilakukan. Salah satunya pertemuan dengan Ganjar beberapa waktu lalu.

Said mengatakan, PDIP memiliki romantisme sejarah dengan PKB. Terutama hubungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Cak Imin.

"PDIP di satu sisi bersama PKB dan memang ada romantisme sejarah antara Gus Imin dengan Ibu Megawati," jelasnya.

PDIP bukan hanya mendekati PKB saja. Kata Said, komunikasi PDIP dengan Partai Gerindra juga terus dilakukan.

"Kami akan terus melakukan berbicara dengan semua parpol bahkan dengan Gerindra pun kami sering berkomunikasi," ujar Said.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gajar Pranowo Sebut PKB dan PDIP Punya Kesamaan

Sebelumnya, Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo menuturkan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sesungguhnya punya kesamaan akar rumput dengan PDI Perjuangan.

Hanya saja Ganjar tidak ingin mencampuri sikap politik PKB yang berbeda dengan PDIP.

"Kita sebenarnya punya di bawah itu sama, tapi tentu pilihan diserahkan kepada masing-masing," ujar Ganjar di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (28/8/2023).

Ganjar sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ia mengakui memang ada upaya penjajakan kerjasama politik di Pemilu 2024. Tapi sampai hari ini PKB masih berada di barisan pendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Oh belum-belum, sama-sama saling menjajaki, semua akan kita jajaki," katanya.

Ganjar tidak mengungkap apakah memang ada keinginan PKB untuk mendukung dirinya sebagai calon presiden. "Nanti cek ke PKB ya," katanya.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.