Sukses

Penguat Kemenangan Pilpres, Erick Thohir Dinilai Cawapres Pembawa Berkah Elektoral Besar

Erick Thohir dinilai menjadi figur cawapres yang namanya terus menguat di banyak kalangan. Kondisi demikian tentu tidak terlepas dari perolehan angka elektoral yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Peluang kemenangan Pilpres 2024 dinilai semakin terbuka lebar bila mendorong sosok Menteri BUMN BUMN Erick Thohir sebagai figur calon wakil presiden (cawapres). Daya elektoral besar Erick Thohir mampu menguatkan keterpilihan pembawa berkah elektoral besar.

"Erick Thohir sebagai kandidat cawapres bisa menjadi electability booster bagi calon pasangan capresnya," tutur Pengamat Politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi, dikutip Selasa (29/8/2023).

Ade menuturkan, Erick Thohir menjadi figur cawapres yang namanya terus menguat di banyak kalangan masyarakat. Kondisi demikian tentu tidak terlepas dari perolehan angka elektoral yang tinggi.

Tercermin dari simulasi pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres mendatang. daya elektoralnya pada survei yang diadakan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1- 8 Juli 2023.

Dari simulasi tujuh nama, Erick Thohir berada di peringkat pertama dengan mendapatkan dukungan sebesar 22,2 persen. Mengungguli Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat 19,6 perse dan Menparekraf, Sandiaga Uno dengan angka 17,5 persen.

Menurut dia, capaian elektabilitas gemilang Erick Thohir semakin menunjukkan sosoknya sangat dipedulikan banyak kalangan masyarakat. Bahkan semakin menjadikan Erick Thohir sosok cawapres paling diperhitungkan sangat layak diusung di Pilpres 2024.

Kenaikan tingkat elektabilitas yang konkret ini juga kian menambah daya tawar Erick Thohir sebagai cawapres. Utamanya untuk dapat dipinang oleh partai politik (parpoli) pendukung pada Pilpres "Ini dapat menjadi modal politik dan sekaligus insentif elektoral yang penting dalam negosiasi dengan koalisi parpol pengusung," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Penuhi Kriteria Ideal sebagai Sosok Cawapres Pilihan Anak Muda

Peluang Menteri BUMN Erick Thohir terusung sebagai calon wakil presiden (cawapes) semakin besar untuk Pilpres 2024. Erick Thohir dinilai sosok yang paling ideal sebagai cawapres pilihan para pemilih muda.

Pengamat Politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko mengatakan, Erick Thohir banyak dipilih kalangan anak muda lantaran punya hasil kinerja yang jelas. Kerja cepat Erick Thohir sukses hadirkan banyak dampak positif besar.

"Hanya Erick Thohir yang mempunyai kecepatan serta frekuensi yang lebih bagus dalam merangkul anak muda,” kata Anang.

Dia menambahkan, Anggota Kehormatan Banser Nahdlatu Ulama (NU) ini aktif mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada kalangan milenial. Melalui Kementerian BUMN, Erick Thohir sukses menginisiasi lahirnya berbagai program bermanfaat.

Karakterisitk kepemimpinan Erick Thohir, lanjut dia, cukup disukai milenial Tanah Air. Gagassn-gagasan besarnya bahkan mampu mendorong peningkatan kompetensi diri sehingga mampu bersaing menghadapi tantangan global.

"Program-program (Erick Thohir) yang menyentuh generasi Z,” ungkap Anang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.