Sukses

Jagokan Erick Thohir Jadi Cawapres, PAN Akan Berdiskusi dengan Prabowo Subianto

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya akan berdiskusi dengan bakal calon presiden Prabowo Subianto terkait nama Menteri BUMN Erick Thohir yang dianggap sosok yang tepat menjadi bakal calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya akan berdiskusi dengan bakal calon presiden Prabowo Subianto terkait nama Menteri BUMN Erick Thohir yang dianggap sosok yang tepat menjadi bakal calon wakil presiden di Pemilu 2024.

"Ya nanti kan kita tanyakan Pak Prabowo dong kalau begitu," kata pria yang akrab disapa Zulhas ini di Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Dia menegaskan, akan mencari waktu yang tepat untuk mengkomunikasikan perihal Erick Thohir ke Prabowo ini.

"Makanya nanti pada saatnya akan dibicarakan dan tentu pada momen yang tepat kapan, sampai waktu sebelum daftaran," jelas Zulhas.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengklaim peluang Prabowo menang Pilpres 2024 makin besar. Namun sosok calon wakil presiden menjadi penentu.

Salah satunya, Erick Thohir dipandang sebagai cawapres yang pas bagi Prabowo.

"Karena peluang untuk menang Pak Prabowo dengan survei Pak Prabowo yang tinggi, Pak Erick tinggi, kemudian masih muda, energik, punya prestasi, saya kira tepat kalau nanti Pak Prabowo ambil ET," kata Yandri di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin lalu seperti ditulis Jumat (18/8/2023).

Dia mengatakan hasil survei Erick Thohir belakangan ini menunjukkan tingkat elektabilitas tinggi di sisi cawapres. Karenanya, ia mengatakan sikap PAN mengusulkan Erick bukan hal subjektif.

Diketahui, nama Erick menempati posisi pertama sebagai cawapres pilihan publik menurut survei Indikator Politik yang digelar 20-24 Juni. Elektabilitasnya tercatat sebesar 22,9%.

Sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI) pun merekam hal yang sama dalam survei pada 1-8 Juli. Dalam simulasi 24 nama cawapres, Erick ada di posisi teratas dengan elektabilitas 14,3%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo dan Erick Thohir Bakal Sampaikan Pidato Politik

Memperingati hari jadinya yang ke-25 tahun, Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Bimtek dan perayaan ulang tahun bertajuk PANtura, PAN Turnamen. Dalam HUT nya, PAN mengadakan acara dari tanggal 28-30 Agustus.

Pada Bimtek PAN tanggal 28 Agustus di Hotel Sultan, Jakarta, PAN hanya mengundang ketum parpol koalisi pengusung bacapres Prabowo Subianto seperti Gerindra, PKB dan Golkar.

"Tanggal 28 Agustus nanti adalah acara di Hotel sultan pada pukul 19.00 WIB malam, dihadiri oleh para tokoh politik," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Sabtu (26/8/2023).

Eddy melanjutkan, Ketum PAN Zulkifli Hasan akan memberikan pidato politik pada acara itu. Hal ini sekaligus konsolidasi bersama para kader.

"Ini saya kira pidato politik yang sangat signifikan untuk kita, nanti akan hadir juga Pak Prabowo Subianto sebagai capres yang sudah diusung oleh PAN, ada kehadiran juga dari ketum Golkar, tadi sudah dikonfirmasi, ketum, sekjen, bendum Golkar konfirm hadir," tuturnya.

"Ditambah juga nanti Gus Muhaimin Iskandar beserta seluruh pimpinan dari PKB," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini