Sukses

Popularitas-Elektabilitas Tinggi Dinilai Jadi Modal Erick Thohir Terusung Cawapres Terkuat 2024

Selain itu, kekuatan logistik Erick Thohir dinilai mampu memantik perhatian banyak pihak. Khususnya bagi partai politik koalisi pengusung capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat popularitas dan elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi modal berharga untuk dapat diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres). Situasi tersebut semakin membuka potensi Erick Thohir menjadi cawapres terkuat untuk Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Komunikonten Hariqo Wibawa mengatakan, peluang keterusungan kuat Erick Thohir menjadi cawapres sudah semakin jelas terlihat. Kondisi demikian tentu tidak terlepas dari tren elektabilitasnya yang semakin tumbuh sangat positif.

Karenanya, lanjut dia, tidak begitu mengejutkan bila Erick Thohir semakin menjadi sosok cawapres idaman Pilpres mendatang. Terutama untuk mendampingi figur Calon Presiden (Capres) unggulan seperti Prabowo Subianto.

"Kalau Erick Thohir itu yang ditawarkan ke Prabowo, popularitas dan elektabilitas (tinggi)," kata Hariqo dikutip Rabu (23/8/2023).

Berdasarkan hasil survei Voxpol Center periode 24 Juli - 2 Agustus 2023, Ketua Umum PSSI ini sukses berada di posisi puncak elektabilitas cawapres teratas. tertinggi. Erick Thohir mampu meraih perolehan suara sebanyak 34,3 persen.

Pada hasil simulasi tiga nama cawapres dari survei tersebut, Erick Thohir berhasil unggul dari Agus Harimurti Yudhoyono dengan 30,3 persen dan Khofifah Indar Parawansa dengan raihan angka sebesar 15,3 persen. Lebih lanjut dia menyebut, keunggulan Erick Thohir tersebut tentu tidak terlepas dari faktor popularitas dan elektabilitas semata.

Latar belakangnya sebagai pelaku usaha sukses membuatnya dinilai memiliki bekal logistic yang sangat mumpuni. Dia berpandangan, kekuatan logistik juga menjadi sebuah keunggulan yang mampu memantik perhatian banyak pihak. Khususnya bagi partai politik (parpol) koalisi pengusung capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

"Kalau faktor logistik itu kan memang tidak pernah disampaikan ke publik. Tapi memang, itu pasti faktor yang sangat berpengaruh," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Punya Kinerja Hebat

Kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang gemilang dinilai mampu menciptakan dampak elektoral sangat signifikan. Erick Thohir menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) paling potensial untuk Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyampaikan, kinerja besar Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai BUMN mendapat banyak perhatian dari masyarakat. Kepemimpinan sukses menciptakan gelombang dukungan besar untuk menjadi cawapres di Pilpres 2024.

“Dia menteri BUMN, dia dianggap memiliki kinerja baik di BUMN,” kata Pangi, Selasa (22/8/2023).

Rekam jejak keberhasilan Erick Thohir memimpin BUMN dimulai sejak mendorong hadirnya transformasi besar yang buat kenaikan pendapatan BUMN konsisten meningkat pesat hingga mencapai Rp303 triliun pada 2022 lalu. Bukan hanya itu dividen BUMN kepada negara menyentuh angka Rp 80 triliun.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir tersebut berhasil terbongkar praktik mega korupsi seperti di Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo. Lebih dari itu juga sukses menggerakkan geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil melalui KUR, Mekaar dan Makmur.

Atas prestasinya, dia menambahkan, tak mengejutkan bila Erick Thohir semakin naik berada di daftar bursa cawapres 2024. Kerja-kerja yang konsisten dilakukan Erick THohir menjadi bukti kinerja yang sudah sangat teruji berhasil.

“Juga sebagai menteri yang paling berprestasi juga di pemerintahan,” ucapnya.

Imbas daripada itu, dia mengungkapkan, bahkan mampu menciptakan hadirnya peningkatan elektabilitas pesat bagi Erick Thohir. Kondisi demikian tentu semakin menjadikannya cawapres berpeluang besar mampu membawa kemenangan pada Pilpres nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini