Sukses

Sejumlah Kader PSI Kembali Mundur Lagi, Dampak Sinyal Dukungan ke Prabowo

Sejumlah balal calon legislatif dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan mundur sebagai bakal calon legislatif dan keanggotaan partai.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah balal calon legislatif dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan mundur sebagai bakal calon legislatif dan keanggotaan partai.

Hal ini dikarenakan DPP PSI yang membuka ruang dan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024.

Adapun yang mundur diantaranya, Afthon Lubby bacaleg DPR RI Jawa Tengah, Andi Tasbih bacaleg DPR RI NTB, Lis Sektiawanti bacaleh DPRD Kota Bekasi, Darman Munir bacaleg DPRD Jakarta, dan Tulus Borisman ang merupakan kader PSI Kota Bekasi.

“Kami pada sore hari ini ingin menyatakan sikap dan pernyataan untuk mengundurkan diri dari pencalegan Partai Solidaritas Indonesia dan keluar dari keanggotaan partai,” kata Afthon yang mewakili di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Menurut dia, ada beberapa alasan. Diantaranya, karena ketidakjelasan dan ketidaktegasan menolak Prabowo Subianto sebagai bacapres 2024 yang akan didukung oleh PSI.

“Kami tidak sepakat, dan kami tidak sudi PSI menerima kedatangan Prabowo Subianto. Kami tidak pernah diajak berdiskusi dan tidak ada informasi kepada kami. Alasan ini adalah alasan ideologis kami. Kami masuk PSI karena kami jatuh cinta kepada partai ini, partai ini adalah partai yang ideologis, anti intoleransi, anti ekstrimis, dan anti radikalisme, ternyata kami patah hati kepada sikap DPP PSI yang mulai bermain mata dengan Prabowo Subianto,” ungkap Afthon.

Tentunya, lanjut dia, pihaknya memilih PSI karena PSI melalui rembuk rakyat sudah mendukung Ganjar Pranowo. Ini adalah alasan yang mendasar secara ideologis bahwa tidak bisa bermain mata, bermanuver dengan cara-cara seperti itu.

“Bagi kami Ganjar Pranowo adalah calon presiden yang harus kami dukung sepenuh hati tanpa tolah toleh kanan kiri,” ungkap Afthon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Ade Armando

Selain itu, kata dia, pernyataan dari kader PSI Ade Armando juga dinilai memberatkan pihaknya melakukan sosialisasi di daerah.

“Karena pernyataan-pernyataan dan sikap senior kami di PSI Bang Ade Armando yang pernyataan tersebut sering dilancarkan di sosial media yang bagi kami di daerah itu sangat merugikan. Kami untuk mensosialisasikan Ganjar Pranowo. Ini adalah suara hati kami yang kami dengar sendiri dari masyarakat calon pemilih di daerah yang mempertanyakan sikap PSI di pusat. Jadi kami merasa rugi,” ungkap Afthon.

“Kami akhirnya tidak bisa berjalan terus dengan cara-cara seperti ini. Maka pada hari ini kami mengundurkan diri. Kami akan fokus yaitu memenangkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024,” jelas dia.

Pihaknya, juga akan mengembalikan dana yang diberikan oleh DPP kepada pihaknya untuk mengurusi berkas-berkas proses pencalegan.

“Kami akan kembalikan semua itu. Terakhir sekali lagi kami sungguh-sungguh patah hati dengan PSI,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.