Sukses

Tak Terikat Kepentingan Partai, Erick Thohir Disebut Semakin Kuat Terusung Cawapres Prabowo

Dia menambahkan, keterusungan kuat Erick Thohir juga tidak terlepas dari tingkat raihan elektabilitasnya yang sangat kuat. Nama Erick Thohir bahkan begitu konsisten tempati posisi teratas dalam bursa Cawapres mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapat dorongan kuat untuk dapat menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pilihan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto lantaran berasal dari kalangan profesional. Erick Thohir dinilai figur yang tidak membawa kepentingan partai politik (Politik).

Direktur Eksekutif Direktur Riset Populi Center, Usep S Achyar mengungkapkan, Erick Thohir dilihat banyak pihak sebagai sosok tepat bagi Prabowo Subianto. Sebab, memiliki modal politik mumpuni termasuk dari segi latar belakang bukan kader parpol.

“Justru dari kalangan profesional kayak Erick Thohir yang punya modal politik,” kata Usep dikutip Minggu (20/8/2023).

Dia menambahkan, keterusungan kuat Erick Thohir juga tidak terlepas dari tingkat raihan elektabilitasnya yang sangat kuat. Nama Erick Thohir bahkan begitu konsisten tempati posisi teratas dalam bursa Cawapres mendatang.

Misalnya dalam survei Voxpol Center periode 24 Juli-2 Agustus 2023, Erick Thohir berhasil berada di posisi puncak dengan 34,3 persen. Unggul dari Agus Harimurti Yudhoyono 30,3 persen dan Khofifah Indar Parawansa 15,3 persen.

Angka elektabilitas positif Erick Thohir tersebut, lanjut dia, tentunya semakin melengkapi modal politik yang dimiliki. Sehingga tidak mengherankan bila namanya semakin kuat disandingkan dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo.

Dia menilai, Erick Thohir merupakan sosok yang tepat cawapres Prabowo lantaran mampu menjadi jalan penengah. Terutama bagi parpol dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) sebagai koalisi pengusung Prabowo.

“Saya kok melihat bahwa mungkin ada mencari kesepakatan titik," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diterima Semua Parpol

Menurut dia latar belakang bukan kader parpol Erick Thohir akan dapat diterima baik oleh semua parpol dalam KKIR. Terlebih sosoknya juga mempunyai banyak modal politik kuat yang dapat mendongkrak tingkat keterpilihan Prabowo di Pilpres mendatang.

"Ya bisa di Erick yang tidak berpartai di mana-mana,” ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini