Sukses

Ada Sinyal Kedekatan dengan NU, Perkuat Kandidasi Prabowo Jelang Pilpres 2024

Adanya kedekatan Prabowo dengan tokoh-tokoh NU dinilai memperbesar peluang dukungan. Namun, Ia menggarisbawahi perlunya Prabowo untuk terus konsisten mendekatkan diri kepada mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Ada sinyal kedekatan dengan Nahdlatul Ulama (NU) turut serta memperkuat Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menegaskan, Menteri Pertahanan tersebut saat ini terbukti menjadi salah satu capres yang memiliki kedekatan hingga keakraban dengan para tokoh-tokoh NU.

“Tokoh-tokoh NU, kedekatan kiai-kiai NU, ulama-ulama NU dengan Prabowo Subianto dekat, salah satunya adalah Habib Luthfi, dekat dengan Prabowo,” kata Ujang, ketika dihubungi, Sabtu (19/8).

Ujang menambahkan, adanya kedekatan Prabowo dengan tokoh-tokoh NU memang memperbesar peluang dukungan. Kendati demikian, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia ini menggarisbawahi perlunya Prabowo untuk terus konsisten mendekatkan diri kepada tokoh-tokoh NU.

“Karena setiap ulama dan kiai dekat dengan semua capres tapi bisa jadi, yang akan menjadi ikatan dukungan itu seberapa besar ikatan batin Prabowo dengan ulama-ulama tersebut, seberapa besar perhatian Prabowo dengan kiai-kiai tersebut dan seberapa besar kepedulian serta intensitas pertemuan Prabowo dengan kalangan kiai-kiai NU tersebut, itu jadi penting” ungkap Ujang.

Karenanya, Ujang meyakini jika hal tersebut bisa dilakukan dengan baik oleh Prabowo bukan tidak mungkin, limpahan dukungan dari mayoritas warga Nahdliyin di berbagai kota besar di Indonesia akan turut serta mempertebal elektabilitasnya pada Pilpres 2024 mendatang.

“Oleh karena itu, kalau itu dilakukan Prabowo bisa menjadi nilai plus bagi Prabowo untuk mendapatkan dukungan dari para ulama dan kiai-kiai NU,” tuturnya.

Sebelumnya, merujuk pada data survei yang dirilis oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) periode 2-11 Agustus 2023, Prabowo terbukti menjadi Capres yang paling banyak mendapatkan dukungan dari kalangan Nahdliyin. Dalam survei tersebut, Prabowo sukses mengantongi dukungan dengan total suara mencapai 41,5 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo dengan mengantongi dukungan 36,5 persen dan Anies Baswedan yang hanya meraup suara sebesar 10,8 persen dari warga NU.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Dekat dengan NU

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto sosok yang dekat dengan kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU). Berkat dawuh para kiai itu pun, Prabowo berhasil menerima berkah berupa elektoral yang terus meningkat.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin mengatakan Menteri Pertahanan andalan Presiden Jokowi tersebut sudah menjadi primadona masyarakat Jatim yang mayoritas penduduk NU. Kedekatan Prabowo dan NU menghasil berbagai gagasan pembangunan untuk Indonesia di masa mendatang.

“Pertama saya melihat Pak Prabowo mendekati kiai, ulama, mendekati ustaz, dan santri, mendekati masyarakat-masyarakat berbasis Nahdliyin, di Jatim, itu menjadi landasan,” kata Ujang.

“Karena bagaimanapun para kiai, para ulama, santri, masyarakat, kalau didekati itu kan senang apalagi kalau cocok punya kesamaan pandangan,” lanjutnya.

Kedekatan dengan Habib Muhammad Luthfi bin Ali Bin Yahya atau biasa disapa Habib Luthfi bin Yahya juga turut memberi pengaruh terhadap Prabowo. Habib Luthfi memiliki jamaah yang tersebar hingga ke Jawa Timur.

“Kita tahu bahwa Prabowo dekat dengan Habib Luthfi. Habib Luthfi walaupun dari Pekalongan, jamaahnya besar dan banyak ya di Jatim, dan karena beliau kan tokoh NU juga dan diseluruh Indonesia juga,” tutur Ujang.

“Jadi faktor kedua ya kedekatan Prabowo dengan Habib Luthfi itu menjadi penting dalam rangka mengambil suara basis massa NU di Jember, dan umumnya di Jatim,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini