Sukses

Prabowo Disebut Jadi Magnet Politik Masyarakat Jawa Timur

Penerimaan masyarakat Jawa Timur terhadap Prabowo belakangan semakin nyata terlihat. Salah satunya dengan adanya billboard berukuran besar yang terpasang di Kota Surabaya, Jatim.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai menjadi magnet politik bagi masyarakat Jawa Timur (Jatim) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengamat Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Singgih Manggalou mengungkapkan penerimaan masyarakat Jatim terhadap Prabowo akhir-akhir ini semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan.

“Sosok Pak Prabowo sebagai magnet politik semakin terlihat di Jawa Timur,” kata Singgih, Jumat 18 Agustus 2023.

Penerimaan masyarakat Jawa Timur terhadap Prabowo belakangan semakin nyata terlihat. Salah satunya dengan adanya billboard berukuran besar yang terpasang di Kota Surabaya, Jatim.

Billboard yang berada di sekitar Jalan Raya Darmo itu mencuri perhatian warga sekitar. Billboard yang didominasi warna putih itu memang menampilkan sosok Prabowo dan Presiden Jokowi yang sama-sama mengenakan kemeja putih lengan panjang dan bertuliskan Wayahe Prabowo.

Bukti lain dari diterimanya Prabowo oleh masyarakat Jatim tidak hanya tercermin dari adanya billboard di Jalan Raya Darmo itu saja, tapi juga bisa dilihat dari tingkat elektabilitas yang saat ini menempati peringkat teratas. Hal ini terungkap berdasarkan hasil survei terbaru yang sudah dilakukan oleh Surabaya Research Syndicate (SRS).

Dari survei SRS yang dilakukan periode 2-11 Agustus 2023 tersebut, Prabowo berhasil menyisihkan perolehan angka Capres partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Dari simulasi tiga nama, Prabowo sukses mengumpulkan dukungan sebesar 43,7 persen, disusul Ganjar dengan 39,5 persen dan Anies yang hanya meraup suara sebesar 12,2 persen.

Melihat banyaknya billboard dan juga tingkat elektabilitas Prabowo yang tinggi di Jatim, menurut Singgih, bisa memperbesar peluang untuk meraup suara mayoritas. Tak cukup sampai disitu, Singgih juga meyakini banyaknya dukungan dari berbagai relawan termasuk relawan Khofifah dan juga pemuka agama di Jatim turut memperkuat Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Banyak Keunggulan

Maka dari itu, Singgih menyimpulkan, Prabowo dalam Pilpres 2024 mendatang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan capres lainnya.

“Dukungan dari para relawan Bu Khofifah terlihat cukup intens membantu kenaikan elektabilitas,” ujar Singgih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.