Sukses

Elektabilitas Prabowo Disebut Tertinggi dengan Siapa pun Cawapresnya

Capres Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dalam simulasi berpasangan versi Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) periode 3 - 15 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dalam simulasi berpasangan versi Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) periode 3 - 15 Juli 2023. Pun dipasangkan dengan calon wakil presiden (cawapres) manapun, elektabilitas Menteri Pertahanan RI tersebut selalu teratas dalam simulasi tiga pasangan.

Dalam simulasi ini, Prabowo selalu dihadapkan dengan Capres PDIP, Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Adapun bila Prabowo dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar, tingkat elektabilitasnya selalu menduduki peringkat pertama.

Dari data survei yang dikeluarkan LSI Denny JA, Prabowo bila dipasangkan dengan Gibran akan mendapatkan dukungan sebesar 38,8 persen, disusul Prabowo-Erick dengan 38,9 persen, Prabowo-Airlangga 37,5 persen dan Prabowo-Cak Imin 36,5 persen.

“Dari data ini bisa kita ambil kesimpulan bahwa pertama, siapa pun wakil dari Pak Prabowo, itu relatif beliau melampaui pasangan lainnya, baik wakilnya beliau ini Gibran, kemudian Erick Thohir, Airlangga Hartarto maupun juga Muhaimin Iskandar dia tetap melampaui pasangan Ganjar-Sandi maupun juga Anies-AHY,” kata Ardian dikutip Selasa (15/8/2023).

Ardian menambahkan, di dalam setiap simulasi yang dilakukan oleh LSI Denny JA, elektabilitas Prabowo dengan pasangannya dipertemukan dengan duet Ganjar dan Menparekraf Sandiaga Uno lalu duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hasilnya, bila Prabowo berpasangan dengan Gibran, pasangan itu mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 38,8 persen, sedangkan Ganjar-Sandiaga hanya mengantongi 33,1 persen suara, disusul Anies dan AHY dengan 16,4 persen. Kemudian, bila Prabowo tandem dengan Erick Thohir, total elektabilitas yang didapat adalah 38,9 persen, lebih tinggi dari Ganjar-Sandiaga 34,4 persen dan Anies-AHY dengan 15,8 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elektabilitas Prabowo

Selanjutnya, jika Prabowo berpasangan dengan Airlangga, total dukungan yang didapat sangat tinggi yakni mencapai 37,5 persen, diikuti Ganjar-Sandiaga dengan 35,9 persen dan Anies-AHY dengan 20,2 persen. Terakhir, bila Prabowo berduet dengan Muhaimin Iskandar, keduanya secara keseluruhan akan mendapatkan elektabilitas sebesar 36,5 persen, lalu Ganjar-Sandiaga dengan total suara 36,2 persen dan Anies-AHY 20,5 persen.

“Kenapa ini dilakukan, ini sebenarnya ingin melihat bahwa bagaimana pergerakan dari Pak Prabowo ketika disandingkan dengan masing-masing yang ada. Kenapa tidak ada simulasi kandidat lain, mungkin di kesempatan lain akan kita lakukan hal itu,” ujar Ardian.

Di survei yang sama, tingkat elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menempati peringkat teratas dari simulasi tiga nama Capres yang akan bertanding pada Pilpres 2024 mendatang. Dari hasil survei LSI Denny JA tersebut, Prabowo berhasil mendapatkan raihan suara sebesar 38,2 persen, menguntit Ganjar dengan 35,3 persen dan Anies yang hanya mendapatkan dukungan sebanyak 18,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.