Sukses

Keluarga Jokowi Dinilai Lebih Nyaman Dukung Prabowo Dibanding Capres Lain

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai kedekatan hubungan ini adalah sinyal dan kode kuat dukungan dari keluarga besar Presiden Jokowi kepada Menteri Pertahanan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai lebih cenderung dan nyaman mendukung Bakal Calon Presiden (Capres) Gerindra Prabowo Subianto dibandingkan dengan kandidat lain jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kedekatan keluarga besar Presiden Jokowi semakin intens terlihat belakangan ini.

Terbaru, anak sulung Presiden Jokowi yang juga Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Prabowo di Solo dalam rangka menghadiri peringatan Hari Veteran Nasional 2023 di Universitas Sebelas Maret, Kamis (10/8/2023) kemarin. Keduanya terlihat akrab bersama.

Dalam kesempatan ini, Prabowo didampingi Gibran juga bertemu dengan relawan dari Presiden Jokowi dan relawan Bolone Mase Gibran.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai kedekatan hubungan ini adalah sinyal dan kode kuat dukungan dari keluarga besar Presiden Jokowi kepada Menteri Pertahanan tersebut.

“Saya melihat soal Prabowo joget dengan relawan Gibran dan Jokowi ya ini merupakan bentuk keakraban dan dukungan Jokowi dan keluarga Jokowi kepada Prabowo,” kata Ujang, ketika dihubungi, Kamis (10/8/2023).

Kedekatan Prabowo dengan keluarga besar Presiden Jokowi memang tidak terbantahkan lagi akhir-akhir ini. Prabowo dengan Presiden Jokowi memang sering terlihat berdampingan kala Menteri Pertahanan itu mendampingi Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke berbagai tempat di Indonesia.

Kedekatan Prabowo, baik dengan Presiden Jokowi dan Gibran, turut serta dilihat masyarakat sebagai bentuk dukungan jelang Pilpres 2024 mendatang. Hal itu juga berpengaruh besar terhadap tingkat elektabilitas Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Unggul di Survei Capres

Dari survei yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo berhasil unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Dari survei tersebut, Prabowo berhasil mengantongi dukungan sebesar 36,8 persen, diikuti Ganjar dengan 35,7 persen suara dan Anies yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 21,5 persen.

Melihat hal tersebut, Ujang meyakini langkah politik Presiden Jokowi dan Gibran jelang Pemilu 2024 semakin jelas terlihat. Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Jakarta ini menyimpulkan, pertemuan relawan Jokowi dan Gibran dengan Prabowo memang diyakini sudah mendapat restu dari Jokowi dan Gibran.

“Ini kelihatannya semakin jelas arah dukungannya Jokowi tersebut, karena tidak mungkin relawan-relawan Jokowi dan relawan-relawan Gibran itu joget dengan Prabowo happy-happy, senang-senang, dekat, tanpa izin dari Gibran maupun Jokowi,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.