Sukses

4 Bakal Paslon di Pilkada Indramayu Negatif Covid-19

Berbagai rangkaian kegiatan harus ditempuh pasangan bakal calon di Pilkada Indramayu termasuk salah satunya tes swab.

Liputan6.com, Indramayu - Empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu akan mengikuti kontestasi Pilkada 2020. Keempat pasangan tersebut tengah mengikuti berbagai tahapan yang dilakukan KPU Indramayu.

Salah satunya melakukan tes kesehatan yang digelar pada hari Rabu, 9 September 2020. Keempat pasangan mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni mengatakan, tes kesehatan pertama yang dilakukan RS Hasan Sadikin Bandung adalah tes usap. Keempat pasangan, kata dia, wajib mengikuti tes swab untuk menekan penyebaran covid-19 yang tengah marak.

"Swab tes ada di awal setelah itu rangkaian tes kesehatan lain yang pada umumnya KPU lakukan kepada para calon kontestan Pilkada di Indramayu," kata dia, Kamis (10/9/2020).

Pada hari pertama tes kesehatan, para paslon mulai melakukan kegiatan sejak pukul 05.30 WIB. Tes swab dilakukan di salah satu hotel di Bandung.

Setelah mengikuti tes swab, mereka bertolak menuju Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, untuk menjalani tes kesehatan lainnya. Menurut dia, tes swab sangat penting untuk mengetahui pasangan calon positif atau tidak.

"Kalau positif ya ada ketentuannya dan pasangan calon harus karantina," kata dia.

Dia menyebutkan, saat keempat paslon tersebut tiba di Paviliun Parahyangan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Para pasangan bakal calon Pilkada Indramayu langsung melakukan registrasi medis.

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil

Pemeriksaan diawali dengan test PCR Swab Covid-19 pada pukul 06.00 WIB. Kemudian, mereka menunggu selama hampir tujuh jam untuk hasil dari pemeriksaan.

"Alhamdulillah semuanya negatif," jelasnya, Rabu (9/9/2020).

Setelah diketahui seluruh hasilnya negatif, maka pemeriksaan kesehatan dilanjutkan sampai dengan tanggal 10 September 2020. Mereka pun harus karantina di ruangan masing-masing untuk menjalani pemeriksaan selanjutnya.

"Mulai jam 22.00 WIB, mereka harus puasa untuk persiapan pemeriksaan darah. Namun masih diperkenankan minum air putih," ungkap Toni.

Dia menyebutkan, hingga pada penutupan pendaftaran, terdapat empat pasangan bakal calon yang akan mengikuti berbagai tahapan Pilkada Indramayu.

Mereka adalah Pasangan Nina Agustina Da'i Bachtiar dan Lucky Hakim, Muhamad Solihin dan Ratnawati, Toto Sucartono dan Deis Handika. Serta pasangan Danil Muttaqien dan Taufik Hidayat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.