Sukses

Curhat Petani Ngawi ke Gus Ipul-Puti Soal Bantuan Pemerintah

Keluhan para petani ini diutarakan dalam acara silaturahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

Liputan6.com, Ngawi - Selain dari Etnis Tionghoa, bentuk dukungan pada pasangan calon (Paslon) Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno juga datang dari para petani di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Mereka ingin ada upaya untuk mempermudah sarana pertanian bagi warga.

Menurut perwakilan kelompok Tani Desa Manguharjo, Purnomo mengungkapkan, selama ini program pemerintah di bidang pertanian berupa bantuan yang digelontorlan banyak yang dinilai salah sasaran.

Bahkan ada kesan bantuan yang diberikan kurang bermanfaat untuk memberdayakan petani secara keseluruhan. Untuk itu, perlu ada perubahan cara dalam pemberian bantuan.

"Bantuan yang diberikan pemerintah selama ini kurang bermanfaat dan tidak bisa dimanfaatkan. Padahal menyerap anggaran miliaran rupiah," ujar Purnomo, seperti dikutip dari Merdeka.com, Sabtu (9/6/2018).

Murtono, petani dari perwakilan Kelompok Tani Kwadungan juga berharap agar bantuan bantuan dari pemerintah itu tepat sasaran dan transparan.

"Bantuan alat pertanian sampai sekarang tidak tahu kemana tempat menyimpan dan diberikan pada siapa," katanya.

Keluhan para petani ini diutarakan dalam acara silaturahmi dengan tim relawan pasangan calon Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno di Dusun Depok RT 01/05 Desa Mangunharjo, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.

"Gus Ipul bukan orang yang suka ingkar janji. Saat jadi Wagub Jatim sudah terbukti Gus Ipul peduli terhadap petani. Program-programnya real berpihak dan menyentuh petani," kata Syaiful Arif, anggota tim relawan Gus Ipul-Mbak Puti wilayah Mataram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Gus Ipul-Puti

Syaiful mengajak petani tidak ragu-ragu untuk mendukung dan memilih pasangan Gus Ipul- Puti pada Pilgub Jatim 27 Juni nanti. Menurutnya, kalau petani kompak mendukung dan nanti Gus Ipul-Mbak Puti terpilih, maka aspirasinya akan diperhatikan.

Saat ini, ungkap dia, banyak warga masyarakat yang mash apatis dengan pilkada. Bahkan tidak jarang mengharap imbalan materi jika ada ajakan mendukung calon tertentu. Namun, relawan Gus Ipul-Puti menegaskan, tidak ada materi dalam kampanye. Pasangan nomor urut 2 ini hanya memberikan program untuk membangun Jatim ke depan.

Gerakan dukungan ke Gus Ipul oleh petani terus bergulir dan tak bisa dibendung, mulai dari Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, dan Pacitan. Dari temuan-temuan itu, nantinya tim relawan akan langsung menyampaikannya kepada Gus Ipul-Puti untuk dijadikan komitmen jika terpilih menjadi pasangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

 

Reporter: Arif Ardlyanto

Sumber: Merdeka.com

 

Saksian video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.