Sukses

Charta Politika: 71,9 Persen Warga Puas dengan Kinerja Ahok

Warga mengapresiasi program Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat dan pelayanan satu pintu di tiap Kelurahan yang dijalankan Ahok.

Liputan6.com, Jakarta - Kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta mendapat tanggapan positif dari warga DKI Jakarta. 

Survei yang dirilis Charta Politika Indonesia menyebut, responden yang seluruhnya warga DKI merasa puas dengan kinerja Ahok-Djarot memimpin ibu kota. Perolehan suaranya mencapai 71,9 persen.

"Tingkat kepuasan masyarakat ini cenderung meningkat dalam beberapa periode survei yang dilakukan oleh Charta Politika," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya di kantornya, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4/2017).

Dalam survei yang bertajuk 'Prediksi Hasil Akhir Pilkada DKI Jakarta Putaran Ke-2' ini, sebanyak 12,9 persen menyatakan sangat puas dengan kinerja Pemprov di bawah Ahok-Djarot. Kemudian 59 persen responden menyatakan cukup puas. Maka bila digabungkan jumlahnya 71,9 persen.

"Yang tidak puas 26,2 persen, gabungan dari kurang puas 24,2 persen dan tidak puas 2,0 persen. Menurut data terjadi peningkatan kepuasan kinerja sejak bulan Januari hingga April 2017. Mulai dari 63,3 persen, 65,8 persen, 70,5 persen, hingga 71,9 persen," tambah Yunarto.

Berbagai program yang diberikan Ahok-Djarot juga mendapat respon positif dari responden. Mereka, kata Yunarto, mengapresiasi program Kartu Jakarta Pintar, Kartu Jakarta Sehat dan pelayanan satu pintu di tiap Kelurahan

"Kalau kita lihat polanya selalu sama KJP, KJS, dan pelayanan Kelurahan. Ini yang paling diingat dan paling diapresiasi responden," ucap dia.

Adapun survei ini digelar pada periode 7 sampai dengan 12 April 2017 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Responden yang diikutsertakan dalam survei ini berjumlah 782 responden yang tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur.

Survei ini menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.