Sukses

Anies Janjikan Angkutan Murah Hingga ke Kepulauan Seribu

Daryono, yang mewakili warga, menanyakan soal mahalnya tarif angkutan trasportasi umum.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan masyarakat transportasi memberi pertanyaan kepada dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dalam debat pamungkas DKI Jakarta yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Pusat.

Daryono, yang mewakili warga, menanyakan soal mahalnya tarif angkutan trasportasi umum. Dia pun mempertanyakan apakah mungkin tarif angkutan umum digratiskan dan terintegrasi dengan angkutan online yang banyak memberi potongan-potongan harga.

"Apa mungkin tarif lebih murah atau digratiskan bagi warga miskin, Pak?" tanya Daryono kepada dua pasangan calon cagub dan cawagub.    

Moderator debat, Ira Koesno kemudian mempersilakan paslon nomor 3 menanggapi pertanyaan tersebut. Menanggapi pertanyaan itu, Anies Baswedan mengaku mempunyai program angkotan murah dan terintegrasi yang ia namakan OK Trip.

"Kita ingin semua mode trasportasi Jakarta mulai dari mikro bis, Bis menengah, BRT, LRT dalam satu sistem. Hari ini faktanya (tiap angkutan) masih jalan sendiri," ucap Anies Rabu (12/4/2017).

Dia pun menjanjikan sistem angkutan terintegrasi itu akan berlaku hingga ke Kabupaten Kepulauan Seribu. "Integrasi itu biayanya Rp 5 ribu semua, termasuk angkutan ke Kepulauan Seribu, tiket kapal bisa seluruhnya," ucap dia.

Sementara itu, menanggapi pertanyaan tersebut, Cagub nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku kalau pihaknya telah menggratiskan angkutan umum bagi warga. Dia juga mengaku telah menerapkan sistem integrasi angkutan umum.

"Kami sebenanrnya sudah gratiskan. Anda yang mempunyai tabungan Bank DKI, laporkan slip gaji, anda akan gratis naik Trasjakarta," kata dia.

Ahok juga memaparkan program angkutan penjemput bagi lansia yang dinamakan Transjakarta Care.

"Lansia tidak mampu, kami jemput dengan Transjakarta Care, kami urusin," Pungkas Ahok.

Debat Pilkada DKI 2017 putaran kedua hanya dilakukan satu kali. Pilkada DKI putaran kedua menyisakan dua pasangan calon, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok - Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Di Pilkada DKI putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot menjadi pemenang dengan peraihan suara 42,96 persen, sementara Anies-Sandi 39,97 persen. Mereka unggul dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, yang mendapat 17,06 persen.

Acara debat digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. KPU DKI kembali menunjuk Ira Koesno sebagai moderator. Dalam debat ini, KPU DKI melibatkan masyarakat untuk juga menyampaikan pertanyaan.

[vidio:]()

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.