Sukses

Gaya Santai Jokowi dan Iriana saat Nyoblos di TPS

Presiden Jokowi menggunakan hak pilihnya pada Pilkada DKI 2017 di TPS 4 Kelurahan Gambir.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan hak pilihnya pada Pilkada DKI 2017. Jokowi mendatangi TPS 4 Kelurahan Gambir untuk mencoblos Cagub dan Cawagub DKI Jakarta pilihannya.

Jokowi terlihat santai saat datang ke TPS. Penjagaan Paspampres juga tidak kaku seperti biasanya. Warga yang akan mencoblos masih bisa lalu lalang di sekitar TPS. Jalan juga tidak ditutup total.

Ia memang datang sebagai warga DKI Jakarta biasa. Pelat nomor mobil yang digunakannya juga bukan RI 1, melainkan pelat B 1060 RFS.

Setiba di TPS, Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana, berjalan menuju pintu masuk TPS. Keduanya kompak mengenakan batik bernuansa coklat.

Jokowi sempat duduk sejenak di kursi tunggu. Pria langsing itu bahkan menyerahkan sendiri form C-6 Pilkada DKI 2017 yang digunakan untuk mendaftarkan diri ke TPS sebelum mencoblos. Tak ada ajudan maupun Paspampres yang masuk area TPS.

Pria asal Solo itu bahkan santai berbincang dengan beberapa warga yang duduk di belakangnya. Warga yang semula canggung malah larut dalam perbincangan singkat tersebut.

"Bapak Insinyur H Joko Widodo," panggil Ketua TPS 4 Okto Andito, di lokasi, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Mendengar namanya dipanggil, Jokowi bangkit dari duduk menuju meja KPPS. Setelah mendapat surat suara, Jokowi membuka dan memperlihatkan ke awak media. Hal ini juga diikuti oleh Iriana tak lama kemudian.

Keduanya menuju bilik suara yang ada di sisi kiri tempat duduk tunggu. Keduanya berdiri di bilik yang saling bersebelahan.

Usai memasukkan surat suara ke kotak, Jokowi menuju meja terakhir untuk mencelupkan jari ke tinta khusus. Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi sempat menyalami panitia pemungutan suara di TPS itu.

Setelah mencoblos, Jokowi berharap seluruh pilkada yang diselenggarakan hari ini berlangsung lancar. Jangan sampai pilkada malah memecah belah bangsa.

"Jangan sampai perbedaan politik memecah-belah persatuan kita. Kita harapkan semua bisa kembali setelah pilkada ini sebagai saudara," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian berangkat menuju mobilnya. Sebelum masuk mobil usai menggunakan hak suaranya di Pilkada DKI 2017, Jokowi sempat berbincang dengan Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya.

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pilkada 2017