Sukses

Bupati Purwakarta: Suhu Politik DKI Bukan Acuan Kondisi Indonesia

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, masyarakat desa tidak akan terpengaruh dengan memanasnya suhu politik Ibu Kota jelang pilkada.

Liputan6.com, Jakarta Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyampaikan, masyarakat Indonesia sudah mulai dewasa berdemokrasi. Meskipun saat ini suasana Jakarta tengah menghangat karena berbeda pilihan menjelang Pilkada 2017.

"Panas atau tidaknya politik di Jakarta karena pilkada ini tak menjadi acuan di daerah juga memanas. Tidak jadi acuan Indonesia, kan di daerah biasa-biasa saja," kata Dedi dalam diskusi 'Pilkada dan Tantangan Merawat Demokrasi' di Kantor Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, Kamis (24/11/2016).

Dia menambahkan, sebelum Jakarta melakukan pemilihan langsung untuk gubernur, desa-desa di daerah sudah melakukannya. Karena itu desa tidak akan terpengaruh dengan memanasnya suhu politik di Ibu Kota jelang pilkada.

"Di desa itu demokrasi sudah berjalan dengan baik, Jakarta tidak jadi acuan karena di desa sudah lebih dulu menjalankan sistem demokrasi," jelas Dedi.

Ia mencontohkan, di desa setiap pemilihan kepala desa itu dilaksanakan dengan pemilihan langsung oleh masyarakatnya dan berjalan secara aman. Padahal, tidak jarang kandidat adalah saudara maupun tetangga sendiri.

"Ya berjalan damai, tidak ribut-ribut. Di desa sudah lebih dulu menjalankan demokrasi," ujar Dedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.