Sukses

Menteri Agama Imbau Warga Lihat Program Saat Pilih Kepala Daerah

Lukman juga mengatakan agama bisa jadi ukuran dalam memilih calon kepala daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Pilkada 2017 segera dimulai. Para pasangan bakal calon mulai gubernur, bupati, dan wali kota telah menyiapkan diri dengan menawarkan program-programnya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau, masyarakat bisa melihat program-program yang ditawarkan oleh para calon sebelum memilih pada 15 Februari 2017.

"Gunakan hak pilih digunakan dengan tanggung jawab dengan melihat terbaik, tanpa harus melihat persoalan primordial. Hak pilih yang digunakan harus dengan tanggung jawab, dengan melihat terbaik, tanpa harus melihat persoalan primordial. Utamakan menilai program dan yang dibutuhkan di daerahnya," ucap Lukman di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2016).

Dia mengatakan agama bisa jadi ukuran dalam memilih calon kepala daerah. Namun pada dasarnya semua agama itu baik. 

"Agama bisa jadi ukuran, tapi semua agama itu baik. Tinggal bagaimana mengajak masyarakat, bahwa pemerintah harus bekerja sesuai dengan programnya," kata Lukman.

Menurut dia, faktor agama dan etnis memang lazim dalam memilih kepala daerah. Tapi dia menegaskan, yang menjadi dasar adalah program yang ditawarkan untuk memimpin.

"Agama dan etnis menjadi faktor itu lazim, tapi tetap program menjadi dasar," tutup Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.