Sukses

Divisi Performa Toyota GR Berambisi Racik Lebih Banyak SUV Berperforma Buas

Bos divisi Toyota Gazoo Racing ingin menggubah SUV Toyota menjadi GR sejati, menciptakan SUV berperforma buas.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi performa Toyota, Gazoo Racing atau yang populer dikenal sebagai GR, telah sukses melenggangkan deretan nama-nama mobil sport seperti GR86 dan GR Supra, serta hot hatch GR Yaris dan GR Corolla. Namun, bos GR kini memiliki kecondongan lain untuk menggubah SUV Toyota ke trim GR, menciptakan SUV berperforma buas.

Presiden Gazoo Racing, Tomoya Takahashi, yakin bahwa perusahaan harus memenuhi kebutuhan pelanggan yang menginginkan mobil yang lapang dan praktis tanpa mengurangi kinerja.

"Di masa depan, dari sudut pandang saya, kita membutuhkan GR SUV. Beberapa orang hanya bisa menggunakan SUV karena sudah berkeluarga atau membutuhkan ruang. Untuk memperluas merek kami, mungkin dibutuhkan SUV," kata Tomoya Takahashi, dikutip dari Carscoops, Kamis (23/5/2024).

Meski begitu, di beberapa pasar, termasuk Indonesia, Toyota sudah lebih dahulu menawarkan trim GR Sport pada sebagian besar SUV-nya untuk mendapatkan peningkatan gaya sporty dan suspensi GR. Namun, trim GR itu belum menyentuh peningkatan tenaga dan rombakan estetika agresif dari GR sejati.

Meski berambisi racik banyak SUV-nya untuk performa GR, Takahashi juga mengatakan bahwa perusahaan terbatas dalam sumber daya untuk mengembangkan produk baru, sehingga perlu membuat skala prioritas.

Takahashi tidak merinci model mana yang akan didahulukan, namun Toyota memiliki banyak pilihan SUV di masing-masing ragam pasarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemungkinan Prioritas SUV GR Penuh

Kandidat yang paling masuk akal untuk mendapat tafsiran Gazoo Racing adalah Yaris Cross, C-HR, dan Corolla Cross.

Sementara SUV ladder frame seperti Land Cruiser 250 dan 300 Series sepertinya akan ditaruh di prioritas akhir karena lebih menantang untuk mendapat kemampuan off-road sekaligus performa GR di atas aspal.

Inilah mengapa Toyota lebih mengedepankan ketangguhan dibandingkan kesan sporty pada Land Cruiser GR Sport, sehingga lebih mumpuni dibandingkan versi standarnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini