Sukses

Belum Tahu Mio Mirza yang Viral? Ternyata Mio Karbu Modifikasi Ini yang Jadi Biangnya

Ramai membuat risih pengguna TikTok Indonesia, setelah diketahui ternyata Mio Mirza adalah Mio Sporty 4 tak yang dimodifikasi untuk performa balap jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - "Mio Mirza" baru-baru ini menjadi perbincangan ramai warganet khususnya TikTok. Istilah ini sering tersemat di kolom-kolom komentar video TikTok sebagai format jokes baru yang membuat orang yang tak mengerti terbingung. Bahkan, selebriti Boy William terheran-heran dibuatnya sampai mengunggah video mempertanyakan siapa sebenarnya Mio Mirza ini.

"Belum tau mio mirza," begitulah kira-kira istilah ini sering digunakan di jagat internet yang kini tengah viral.

Seperti yang kita ketahui, Mio adalah varian motor matic keluaran Yamaha yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa itu Mio Mirza? Atau siapa itu Mirza? Setelah ditelusuri, istilah tersebut merujuk kepada seorang TikTokers penghobi modifikasi motor dengan nama pengguna @mirzarhmnnn.

Namun, karena beberapa hal terkait viralnya akun tersebut, platform TikTok memblokir akun yang bersangkutan pada saat pengikutnya telah mencapai 300 ribu lebih pengguna.

Walau begitu, ternyata pria bernama Mirza ini sempat mengeluhkan tentang viralnya istilah yang mengalamatkan sosok dirinya dalam sebuah unggahan video singkat TikTok sebelum akun miliknya hangus.

"udah males bgt ngonten gara gara kebanyakan bocil komen 'belum tau mio mirza'," tulisnya mengekspresikan rasa terganggu.

Istilah Mio Mirza ini memang merujuk pada motor matic Yamaha Mio milik Mirza. Meski terlihat memiliki beberapa unit motor, motor 'gacoan' miliknya adalah Motor Mio Sporty generasi awal kisaran tahun 2005-2009 berkelir merah yang kini harganya melonjak naik di pasaran karena sudah berhenti produksi. Motor inilah yang dimaksud para warganet sebagai "Mio Mirza".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Modifikasi Mio Mirza

Sebagai penghobi modifikasi motor matic, Mirza dielu-elukan oleh para warganet sebagai panutan dalam mengoprek motornya hingga mampu melaju kencang beradu dengan motor sport 250 cc.

Modifikasi Mirza dilakukan di atas Yamaha Mio Sporty generasi pertama yang seperti kita tahu, masih menggunakan sistem pembakaran karburator atau akrab disebut "Mio Karbu". Kini, model tersebut telah disuntik mati sejak kisaran 2012 lalu digantikan sistem pembakaran injeksi yang lebih hemat bahan bakar.

Memakainya untuk meningkatkan performa dan kecepatan balap, Mirza rupanya menghiraukan kehematan bahan bakar dengan melakukan porting pada saluran kepala silinder mesin untuk meningkatkan aliran udara dan bahan bakar yang masuk dan keluar dari ruang pembakaran. Tak lupa, noken as juga disesuaikan dari racikan miliknya.

Langkah serius juga diambil Mirza dengan melakukan bore up dan stroke up untuk meningkatkan kapasitas silinder mesin Mio Sporty miliknya yang semula hanya 110 cc. Dengan meningkatkan diameter piston dari standar 50 mm menjadi 78 mm dan memperbesar ukuran strokenya dari 57,9 mm menjadi 70 mm, menghasilkan perhitungan 300 cc.

Selain itu, transmisi CVT Mio miliknya juga dimodifikasi dengan mengganti roller dan per. Melalui suatu video, dirinya mengaku menyematkan roller 7 gram dan per 2000 rpm ke dalamnya. Rollernya diganti lebih ringan dari standar 10,5 gram untuk meningkatkan akselerasi yang membuatnya semakin ringan di putaran bawah. Sedangkan per CVT standar 800 rpm dinaikannya jauh menjadi 2000 rpm yang lebih keras.

Di pengaturan pembuangan alias knalpot, header atau lehernya terlihat seperti telah diganti dengan ukuran yang lebih besar, sedangkan silencernya menggunakan standar Mio yang telah 'dibobok'.

3 dari 4 halaman

Masih Jadi Tren Meresahkan di TikTok

Berkat pengaturan mekanik Mirza, motor tersebut terlihat dapat dipacu kencang di lintasan drag pinggiran kota. Mirza dan motornya hampir selalu memimpin di depan, bahkan menyaingi motor-motor cc tinggi seperti Kawasaki Ninja ZX-25RR dan Honda CBR250RR.

Ini sebabnya banyak warganet menyertakan frasa viral Mio Mirza ke dalam sebuah kalimat bernada pamer, "Belom tau Mio Mirza," guna membandingkan kehebatan kecepatan yang dihasilkan dari hasil oprekan Mio Sporty buatan Mirza dipadukan keahlian balap jalanannya ketika menunggangi Mio tersebut.

Dengan pengaruh besar di jagat platform TikTok dibuktikan dengan jumlah pengikutnya yang sempat mencapai 300 ribu tersebut, tak ayal jika Mirza menjadi viral beserta motor oprekannya yang terkenal.

Walau begitu, tak diketahui pasti tren ungkapan "Belom tau Mio Mirza," ini muncul sejak kapan. Namun, yang pasti template candaan ini masih berkeliaran di kolom komentar dan cukup membuat resah pengguna TikTok, termasuk Mirza sendiri.

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Ulah Turis Asing Sewa Sepeda Motor di Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini